Page 500 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 500
PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH
Sebagai suatu jaringan belajar, penelitian kelembagaan
merupakan salah satu instrumen dalam pengembangan
organisasi yang adaptif terhadap tuntutan lingkungan dan memiliki
daya untuk memperbaiki diri secara berkesinambungan. Melalui
penelitian kelembagaan, individu dalam organisasi
mengembangkan dirinya dalam suatu jaringan belajar untuk
memantau, mengkritisi secara ilmiah, dan berkontribusi terhadap
berbagai aspek dalam institusinya.
Pengelolaan penelitian kelembagaan sebagai suatu
jaringan belajar dalam institusi dapat mengadaptasi teori jaringan
belajar (TJB) yang dikembangkan oleh Van der Krogt (1995 -
1998). Berikut ini, disebutkan jenis-jenis pengelolaan penelitian
kelembagaan yang diturunkan T JB yang didasarkan pada tulisan
Poell dkk. (2000). Paling sedikit dirancang sedikitnya tiga jenis
pengelolaan penelitian kelembagaan dalam suatu institusi, yaitu
pengelolaan penelitian kelembagaan 1) liberal, 2) vertikal, dan 3)
horizontal, dengan penjelasan sebagai berikut.
Pada pengelolaan penelitian kelembagaan yang bersifat
liberal, peneliti melaksanakan kegiatan penelitian kelembagaan
melalui pengelolaan sendiri. Dalam hal ini, kebijakan penelitian
kelembagaan berupa kebijakan yang implisit dalam institusi,
sedangkan pengembangan program penelitian kelembagaan
berada dalam kontrol peneliti yang bersangkutan. Profil penelitian
kelembagaan yang terjadi dalam institusi cenderung tak
terstruktur. Hubungan penelitian kelembagaan dengan misi
institusi tidak jelas, dapat bertentangan atau mendukung, atau
tidak berkaitan sama sekali. lklim penelitian kelembagaan yang
terjadi ialah iklim yang menghargai sikap mandiri dalam
melaksanakan penelitian kelembagaan. Kontrol institusi terhadap
pelaksanaan penelitian kelembagaan sangat minimal.
Pada pengelolaan penelitian kelembagaan yang bersifat
vertikal, kebijakan penelitian kelembagaan dikembangkan oleh
495