Page 500 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 500

PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH



       Sebagai   suatu   jaringan   belajar,   penelitian   kelembagaan
       merupakan   salah   satu   instrumen   dalam   pengembangan
       organisasi yang  adaptif terhadap tuntutan lingkungan dan memiliki
       daya  untuk  memperbaiki  diri  secara  berkesinambungan.  Melalui
       penelitian   kelembagaan,    individu   dalam     organisasi
       mengembangkan  dirinya  dalam  suatu  jaringan  belajar  untuk
       memantau,  mengkritisi  secara  ilmiah,  dan  berkontribusi  terhadap
       berbagai aspek dalam institusinya.
              Pengelolaan  penelitian  kelembagaan  sebagai  suatu
       jaringan  belajar dalam  institusi  dapat mengadaptasi teori jaringan
       belajar  (TJB)  yang  dikembangkan  oleh  Van  der  Krogt  (1995  -
       1998).  Berikut  ini,  disebutkan  jenis-jenis  pengelolaan  penelitian
       kelembagaan  yang  diturunkan  T  JB  yang  didasarkan  pada  tulisan
       Poell  dkk.  (2000).  Paling  sedikit  dirancang  sedikitnya  tiga  jenis
       pengelolaan  penelitian  kelembagaan  dalam  suatu  institusi,  yaitu
       pengelolaan  penelitian  kelembagaan  1)  liberal,  2)  vertikal,  dan  3)
       horizontal,  dengan penjelasan sebagai berikut.
              Pada  pengelolaan  penelitian  kelembagaan  yang  bersifat
       liberal,  peneliti  melaksanakan  kegiatan  penelitian  kelembagaan
       melalui  pengelolaan  sendiri.  Dalam  hal  ini,  kebijakan  penelitian
       kelembagaan  berupa  kebijakan  yang  implisit  dalam  institusi,
       sedangkan  pengembangan  program  penelitian  kelembagaan
       berada dalam kontrol  peneliti  yang  bersangkutan.  Profil  penelitian
       kelembagaan  yang  terjadi  dalam  institusi  cenderung  tak
       terstruktur.  Hubungan  penelitian  kelembagaan  dengan  misi
       institusi  tidak  jelas,  dapat  bertentangan  atau  mendukung,  atau
       tidak  berkaitan  sama  sekali.  lklim  penelitian  kelembagaan  yang
       terjadi  ialah  iklim  yang  menghargai  sikap  mandiri  dalam
       melaksanakan  penelitian  kelembagaan.  Kontrol  institusi  terhadap
       pelaksanaan penelitian kelembagaan sangat minimal.
              Pada  pengelolaan  penelitian  kelembagaan  yang  bersifat
       vertikal,  kebijakan  penelitian  kelembagaan  dikembangkan  oleh



                                                              495
   495   496   497   498   499   500   501   502   503   504   505