Page 494 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 494

PENDIDIKAN TINGGI  JARAK JAUH



         ditentukan  oleh  nilai  variabel,  kejadian  yang  menyebabkan
         perubahan  keadaan.  dan  aliran  (perubahan  dari  suatu  keadaan
         ke  keadaan  yang  lain);  (4)  suatu  sistem  mengubah  unsur
         masukan  menjadi  unsur  keluaran;  dan  (5)  entropy  (ukuran
         ketidakteraturan)  dalam  suatu  sistem  cenderung  meningkat.  Dari
         setiap  prinsip  GST  tersebut  diturunkan  topik-topik  penelitian
         kelembagaan  yang  cocok.  Misalnya,  dari  prinsip  pertama
         diperoleh pemahaman tentang berbagai unsur institusi pendidikan
         tinggi  yang  saling  berkaitan,  seperti  program  akademik,
         mahasiswa,  peralatan,  personel,  keuangan;  proyek  penelitian
         kelembagaan  yang  relevan  dengan  prinsip  ini  antara  lain:  (1)
         alokasi  sumber  daya,  (2)  penggunaan  sumber  daya,  (3)  beban
         akademik,  (4)  analisis  biaya,  dan  (5)  indikator  kinerja.  Dasar
         pemikiran  pengembangan  penelitian  secara  sistemik  ini  ialah
         bahwa  pemahaman  terhadap  institusi  merupakan  syarat  untuk
         melaksanakan  penelitian  ke!embagaan  yang  efektif  dan  GST
         merupakan salah satu alat untuk memahami institusi
                 Pendekatan   kedua   untuk   merumuskan   topik-topik
         penelitian  kelembagaan  ialah  melalui  pendekatan  empirik.  Pada
         pendekatan  ini,  topik-topik  penelitian  kelembagaan  dikumpulkan
         melalui  survei  terhadap  topik  ajuan  serta  tingkat  kepentingannya
         yang   diperoleh   dari   pihak-pihak   dalam   institusi   yang
         berkepentingan  dengan  penelitian  kelembagaan.  Cara  seperti  ini
         pernah dilakukan oleh  Rockwell (2001) untuk menggali kebutuhan
         penelitian  dan  evaluasi  dalam  pendidikan  jarak  Jauh  dengan
         menggunakan teknik delphi.  Topik-topik diajukan oleh  pihak-pihak
         yang  berkepentingan  dengan  hasil  penelitian  kelembagaan,
         misalnya. semua pimpinan  unit dalam institusi tersebut Kemudian.
         digunakan  teknik  delphi  putaran  pertama  untuk  menentukan
         tingkat  kepentingan  topik-topik  penelitian  tersebut  Berdasarkan
         data  yang  diperoleh  pada  putaran  pertama  ini,  topik-topik
         penelitian  tersebut diurutkan  berdasarkan  tingkat kepentingannya



                                                                 489
   489   490   491   492   493   494   495   496   497   498   499