Page 494 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 494
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
ditentukan oleh nilai variabel, kejadian yang menyebabkan
perubahan keadaan. dan aliran (perubahan dari suatu keadaan
ke keadaan yang lain); (4) suatu sistem mengubah unsur
masukan menjadi unsur keluaran; dan (5) entropy (ukuran
ketidakteraturan) dalam suatu sistem cenderung meningkat. Dari
setiap prinsip GST tersebut diturunkan topik-topik penelitian
kelembagaan yang cocok. Misalnya, dari prinsip pertama
diperoleh pemahaman tentang berbagai unsur institusi pendidikan
tinggi yang saling berkaitan, seperti program akademik,
mahasiswa, peralatan, personel, keuangan; proyek penelitian
kelembagaan yang relevan dengan prinsip ini antara lain: (1)
alokasi sumber daya, (2) penggunaan sumber daya, (3) beban
akademik, (4) analisis biaya, dan (5) indikator kinerja. Dasar
pemikiran pengembangan penelitian secara sistemik ini ialah
bahwa pemahaman terhadap institusi merupakan syarat untuk
melaksanakan penelitian ke!embagaan yang efektif dan GST
merupakan salah satu alat untuk memahami institusi
Pendekatan kedua untuk merumuskan topik-topik
penelitian kelembagaan ialah melalui pendekatan empirik. Pada
pendekatan ini, topik-topik penelitian kelembagaan dikumpulkan
melalui survei terhadap topik ajuan serta tingkat kepentingannya
yang diperoleh dari pihak-pihak dalam institusi yang
berkepentingan dengan penelitian kelembagaan. Cara seperti ini
pernah dilakukan oleh Rockwell (2001) untuk menggali kebutuhan
penelitian dan evaluasi dalam pendidikan jarak Jauh dengan
menggunakan teknik delphi. Topik-topik diajukan oleh pihak-pihak
yang berkepentingan dengan hasil penelitian kelembagaan,
misalnya. semua pimpinan unit dalam institusi tersebut Kemudian.
digunakan teknik delphi putaran pertama untuk menentukan
tingkat kepentingan topik-topik penelitian tersebut Berdasarkan
data yang diperoleh pada putaran pertama ini, topik-topik
penelitian tersebut diurutkan berdasarkan tingkat kepentingannya
489