Page 477 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 477

Andriani,  Penelitian Kemahasiswaan di  ....



                   Tujuh  penelitian  yang  dilakukan  ini  (tertera  pada  tabel  1)
           menggunakan  beragam  pendekatan  dan  cara  analisis  yang
           sesuai  dengan  tujuan  penelitian  yang  dilakukan.   Meskipun
           demikian, pada umumnya populasi untuk tujuh  penelitian ini dapat
           digolongkankan  menjadi  dua  kelompok  besar,    yaitu   (1)
           mahasiswa  pada  institusi  pendidikan  yang  menerapkan  sistem
           PT  JJ  dan  (2)  siswa  SMU   Kelompok  pertama  (mahasiswa)
           mewakili kelompok yang  sudah  secara aktual menjadi mahasiswa
           pada  sistem  pendidikan  yang  menerapkan  sistem  PT  JJ.
           Sementara  itu,  kelompok  ke  dua  (siswa  SMU)  mewakili  calon
           mahasiswa potensial yang akan mengikuti sistem PT  JJ.  ldealnya,
           penelitian  juga  melibatkan  mereka  yang  sudah  bekerja  sebagai
           sampel karena pekerja merupakan mayoritas peserta PT  JJ.
                  Mahasiswa  PT JJ  dijadikan  populasi  pada  delapan  aspek
           penelitian  kemahasiswaan.  Sementara  itu,  siswa  SMU  dijadikan
           populasi  untuk  lima dari delapan  aspek  penelitian,  yaitu  Kesiapan
           Belajar  Mandiri,  Strategi  Belajar,  Gaya  Belajar,  Pemanfaatan
           Sumber  Belajar,  dan  Pemanfaatan  Media  Belajar.  Tiga  aspek
           yang  hanya  ditujukan  untuk  mahasiswa  (Kemauan  Belajar,
           Penyesuaian  Diri,  dan  Bimbingan  dalam  Belajar)  pada  dasarnya
           Juga  dapat  ditanyakan  kepada  siswa  tetapi  dalam  konteks
           penelrtian  yang  dilakukan  untuk  tiga  aspek  tersebut  tidak
           mengadakan perbandingan antara mahasiswa dan siswa
                  Dalam  penarikan  sampel,  ketujuh  penelitian  pada  tabel  1
           menggunakan  beragam  cara  seperti  sampel  sengaja,  sampel
           acak  proporsional,  sampel  kuota,  dan  sampel  acak  bertingkat.
           Penelitian yang menggunakan metode sampel sengaja mendasari
           alasan  pemilihan .metode  penarikan  sampelnya  pada  domisili
           responden,  tahun  registrasi,  lndeks  Prestasi  Kumulatif  (IPK),
           Fakultas,  Jurusan,  bahkan  Program  Studi.  Beragamnya  indikator
           yang  dijadikan  batasan  pada  saat  menarik  sampel  ini  masih
           menyisakan  beberapa  indikator  yang  dapat juga  dilakukan  untuk



           472
   472   473   474   475   476   477   478   479   480   481   482