Page 476 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 476

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



                                  Tabell
           Rincian Aspek dalam Penelitian Kemahasiswaan di  Lingkungan
                    Universitas Terbuka (Periode 2000-2003)

                                    Tahun          Aspek*
        No      Nama Peneliti                                    ~
                                   Laporan    1  2  3  4  5  6  7  8
         1  Andriani, Siswantini, &   2003      v'                1
           Pangaribuan
         2  Darmayanti & Belawati   2002        v'                1
         3  Julaeha &Andayani       2001                  v'  v'   2
         4  Kusmawan                2001             v'       ../   2
         5  Ngafiyati               2000      v'       v'         2
         6  Padmo & Toha            2002          v'   v'         2
         7  Puspitasari & Islam     2002      v'              "'   2
                         Total               2  2  1  2  1  1  1  2  12

           1 = Kesiapan belajar mandiri;  2 = Kemauan belajar;
           3 = Pemanfaatan sumber belajar, 4 = Pemanfaatan media belajar;
           5 = Penyesuaian diri;  6 = Strategi belajar;
           7 = Gaya belajar; 8 = Bimbingan dalam belajar

               Delapan  aspek  kemahasiswaan  ini  secara  relatif  telah
       mencakup  semua  aspek  kemahasiswaan  pada  umumnya  dalam
       sistem  PT  JJ.  Pilihan  terhadap  delapan  aspek  ini  erat  kaitannya
       dengan  upaya  UT  untuk  memahami  karakteristik  mahasiswanya
       (kesiapan  belajar  mandiri,  kemauan  belajar,  pemanfaatan
       sumber,  pemanfaatan  media  belajar,  serta  strategi  belajar)  agar
       dapat   memberi    pelayanan   optimal   terhadap   kebutuhan
       mahasiswa  (strategi  &  gaya  belajar,  serta  bimbingan  dalam
       belajar).  Meskipun  demikian,  belum  dilakukan  penelitian  yang
       berkaitan  dengan  a)  persepsi  mahasiswa  terhadap  kualitas
       pembelajaran  yang  diberikan  dan  b)  kepuasan  belajar   Dua
       aspek  ini  dapat  memberikan  masukan  yang  berharga  bagi  UT
       untuk  memberikan  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  kebutuhan
       mahasiswa.



                                                               471
   471   472   473   474   475   476   477   478   479   480   481