Page 476 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 476
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
Tabell
Rincian Aspek dalam Penelitian Kemahasiswaan di Lingkungan
Universitas Terbuka (Periode 2000-2003)
Tahun Aspek*
No Nama Peneliti ~
Laporan 1 2 3 4 5 6 7 8
1 Andriani, Siswantini, & 2003 v' 1
Pangaribuan
2 Darmayanti & Belawati 2002 v' 1
3 Julaeha &Andayani 2001 v' v' 2
4 Kusmawan 2001 v' ../ 2
5 Ngafiyati 2000 v' v' 2
6 Padmo & Toha 2002 v' v' 2
7 Puspitasari & Islam 2002 v' "' 2
Total 2 2 1 2 1 1 1 2 12
1 = Kesiapan belajar mandiri; 2 = Kemauan belajar;
3 = Pemanfaatan sumber belajar, 4 = Pemanfaatan media belajar;
5 = Penyesuaian diri; 6 = Strategi belajar;
7 = Gaya belajar; 8 = Bimbingan dalam belajar
Delapan aspek kemahasiswaan ini secara relatif telah
mencakup semua aspek kemahasiswaan pada umumnya dalam
sistem PT JJ. Pilihan terhadap delapan aspek ini erat kaitannya
dengan upaya UT untuk memahami karakteristik mahasiswanya
(kesiapan belajar mandiri, kemauan belajar, pemanfaatan
sumber, pemanfaatan media belajar, serta strategi belajar) agar
dapat memberi pelayanan optimal terhadap kebutuhan
mahasiswa (strategi & gaya belajar, serta bimbingan dalam
belajar). Meskipun demikian, belum dilakukan penelitian yang
berkaitan dengan a) persepsi mahasiswa terhadap kualitas
pembelajaran yang diberikan dan b) kepuasan belajar Dua
aspek ini dapat memberikan masukan yang berharga bagi UT
untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan
mahasiswa.
471