Page 478 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 478
PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH
'melihat' mahasiswa PT JJ seperti jenis kelamin dan usia. Dari
penelitian tentang PT JJ, variabel jenis kelamin dan usia terbukti
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses dan
pencapaian belajar mahasiswa PT JJ.
Sementara itu, instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data dalam tujuh penelitian ini adalah kuesioner
dan wawancara. Kuesioner yang digunakan dapat dibedakan ke
dalam dua kelompok, yaitu kuesioner yang sudah dibakukan
(misalnya Gaya Belajar Mandiri yang dikembangkan oleh
Guiglielmino & Guiglielmino pada tahun 1995 untuk mengukur
kesiapan mahasiswa dalam belajar mandiri) dan kuesioner yang
dikembangkan sendiri oleh peneliti. Penelitian tentang Gaya
Belajar, Strategi Belajar, dan Pemanfaatan Sumber & Media
Belajar dilakukan dengan kuesioner yang dikembangkan sendiri
oleh peneliti dengan menggunakan rujukan yang relevan.
Pilihan instrumen untuk aspek yang sudah sering diteliti
dapat dibakukan, sehingga perbandingan hasil penelitian dapat
dilakukan dengan lebih luas dan mendalam. Sementara itu, untuk
aspek yang lain, peneliti mengembangkan sendiri instrumennya
dengan melewati tahap validasi yang disyaratkan.
Sementara itu, wawancara yang dilakukan juga dapat
dikelompokkan menjadi dua, terstruktur dan tidak terstruktur.
Untuk penelitian yang berkaitan dengan strategi belajar
(Darmayanti & Belawati, 2000), misalnya, data dikumpulkan
melalui wawancara tak terstruktur dengan mahasiswa yang
memiliki IPK konsisten lebih dari 3 untuk tiga semester. Hasil
wawancara digunakan untuk memetakan stratagi belajar
mahasiswa PT JJ. Pada gilirannya, indikator strategi hasil belajar
yang diformulasikan dari penelitian ini dijadikan dasar acuan
untuk mengembangkan kuesioner penelitian yang dilakukan oleh
Andriani, Siswantini, & Pangaribuan (2003).
473