Page 478 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 478

PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH



         'melihat'  mahasiswa  PT JJ  seperti  jenis  kelamin  dan  usia.  Dari
         penelitian  tentang  PT  JJ,  variabel  jenis  kelamin  dan  usia  terbukti
         mempunyai  pengaruh  yang  signifikan  terhadap  proses  dan
         pencapaian belajar mahasiswa PT  JJ.
                Sementara  itu,   instrumen   yang   digunakan   untuk
         mengumpulkan  data  dalam  tujuh  penelitian  ini  adalah  kuesioner
        dan  wawancara.  Kuesioner  yang  digunakan  dapat dibedakan  ke
        dalam  dua  kelompok,  yaitu  kuesioner  yang  sudah  dibakukan
         (misalnya  Gaya  Belajar  Mandiri  yang  dikembangkan  oleh
        Guiglielmino  &  Guiglielmino  pada  tahun  1995  untuk  mengukur
        kesiapan  mahasiswa  dalam  belajar  mandiri)  dan  kuesioner  yang
        dikembangkan  sendiri  oleh  peneliti.   Penelitian  tentang  Gaya
        Belajar,  Strategi  Belajar,  dan  Pemanfaatan  Sumber  &  Media
        Belajar  dilakukan  dengan  kuesioner  yang  dikembangkan  sendiri
        oleh peneliti dengan menggunakan rujukan yang relevan.
                Pilihan  instrumen  untuk  aspek  yang  sudah  sering  diteliti
        dapat  dibakukan,  sehingga  perbandingan  hasil  penelitian  dapat
        dilakukan dengan lebih luas dan mendalam.  Sementara itu,  untuk
        aspek  yang  lain,  peneliti  mengembangkan  sendiri  instrumennya
        dengan melewati tahap validasi yang disyaratkan.
                Sementara  itu,  wawancara  yang  dilakukan  juga  dapat
        dikelompokkan  menjadi  dua,  terstruktur  dan  tidak  terstruktur.
        Untuk  penelitian  yang  berkaitan  dengan  strategi  belajar
        (Darmayanti  &  Belawati,  2000),  misalnya,  data  dikumpulkan
        melalui  wawancara  tak  terstruktur  dengan  mahasiswa  yang
        memiliki  IPK  konsisten  lebih  dari  3  untuk  tiga  semester.  Hasil
        wawancara  digunakan  untuk  memetakan  stratagi      belajar
        mahasiswa PT JJ.  Pada gilirannya,  indikator  strategi hasil  belajar
        yang  diformulasikan  dari  penelitian  ini  dijadikan  dasar  acuan
        untuk  mengembangkan  kuesioner  penelitian  yang  dilakukan  oleh
        Andriani,  Siswantini, & Pangaribuan (2003).





                                                                473
   473   474   475   476   477   478   479   480   481   482   483