Page 481 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 481

Andriani,  Penelitian Kemahasiswaan di  ....



           •   Pemanfaatan Sumber Be/ajar.
              Mahasiswa  UT  secara  relatif  dikelilingi  oleh  sumber  belajar.
              Padmo & Toha  (2002) menemukan  bahwa  59,4%  mahasiswa
              UT  memiliki  akses  ke   perpustakaan  (baik  perpustakaan
              universitas,  kantor,  maupun  pribadi).  Sementara  itu,  hanya
              39%  mahasiswa  UT memiliki akses ke  laboratorium.  Jumlah
              mahasiswa  yang  sama  (39%)  memliki  akses  ke  narasumber
              yang dapat mendukung proses belajar 39%.


          •   Pemanfaatan Media Be/ajar.
              Selain  itu  dari  sudut  pemanfaatan  media  belajar,  mahasiswa
              UT  belum  banyak  memanfaatkannya.  Mahasiswa  UT  yang
              sudah  memanfaatkan  radio,  TV,  dan   warnet  baru  35%
              (Padmo  &  Toha,  2002).   Sementara  itu  Kusmawan  (2001)
              menemukan bahwa minat untuk memanfaatkan media belajar
              sudah ada,  namun belum optimal.


          •   Penyesuaian Diri.
              Sri  Ngafiyati  (2000)  menemukan  bahwa  penyesuaian  diri
              berpengaruh  positif dan  nyata  terhadap  prestasi  mahasiswa.
              Lebih  jauh  lagi,   bersama-sama  dengan  kemandirian,
              penyesuian  diri  memberikan  kontribusi  sebasar  10,45%
              terhadap prestasi belajar mahasiswa.


          •   Strategi Be/ajar.
              Terdapat  perbedaan  strategi  belajar  siswa  SMU  dengan
              mahasiswa  UT.   Penelitian  Julaeha  &  Andayani  (2001)
              menunjukkan  bahwa  siswa  SMU  cenderung  menggunakan
             catatan  dan  mendengarkan  penjelasan  guru  (74,49%)
             sementara  mahasiswa  UT  lebih  cenderung  belajar  sendiri
             60,20%).  Di samping itu,  mahasiswa lebih memilih bimbingan
             bela jar  melalui  tutorial  tatap  muka  (59%)  dibandingkan



          476
   476   477   478   479   480   481   482   483   484   485   486