Page 481 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 481
Andriani, Penelitian Kemahasiswaan di ....
• Pemanfaatan Sumber Be/ajar.
Mahasiswa UT secara relatif dikelilingi oleh sumber belajar.
Padmo & Toha (2002) menemukan bahwa 59,4% mahasiswa
UT memiliki akses ke perpustakaan (baik perpustakaan
universitas, kantor, maupun pribadi). Sementara itu, hanya
39% mahasiswa UT memiliki akses ke laboratorium. Jumlah
mahasiswa yang sama (39%) memliki akses ke narasumber
yang dapat mendukung proses belajar 39%.
• Pemanfaatan Media Be/ajar.
Selain itu dari sudut pemanfaatan media belajar, mahasiswa
UT belum banyak memanfaatkannya. Mahasiswa UT yang
sudah memanfaatkan radio, TV, dan warnet baru 35%
(Padmo & Toha, 2002). Sementara itu Kusmawan (2001)
menemukan bahwa minat untuk memanfaatkan media belajar
sudah ada, namun belum optimal.
• Penyesuaian Diri.
Sri Ngafiyati (2000) menemukan bahwa penyesuaian diri
berpengaruh positif dan nyata terhadap prestasi mahasiswa.
Lebih jauh lagi, bersama-sama dengan kemandirian,
penyesuian diri memberikan kontribusi sebasar 10,45%
terhadap prestasi belajar mahasiswa.
• Strategi Be/ajar.
Terdapat perbedaan strategi belajar siswa SMU dengan
mahasiswa UT. Penelitian Julaeha & Andayani (2001)
menunjukkan bahwa siswa SMU cenderung menggunakan
catatan dan mendengarkan penjelasan guru (74,49%)
sementara mahasiswa UT lebih cenderung belajar sendiri
60,20%). Di samping itu, mahasiswa lebih memilih bimbingan
bela jar melalui tutorial tatap muka (59%) dibandingkan
476