Page 482 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 482

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



              dengan  tutorial  tertulis  (16,67%)  atau  tutorial  melalui  radio
              (25,5%).

           •   Gaya Be/ajar.
              Julaeha  &  Andayani  (2001)  yang  melakukan  penelitian
              terhadap siswa SMU dan mahasiswa UT menemukan adanya
              perbedaan  gaya  belajar  dalam  dua  kelompok  tersebut.
              Mayoritas  siswa  SMU  memiliki  dua  gaya  belajar,   visual
              (39,52%)  dan  auditorial  (38,71%).  Selain  itu,  mahasiswa
              cenderung memiliki gaya belajar visual (58,61 %)

          •   Bimbingan dalam Be/ajar.
              Dalam  penelitian  yang  dilakukan  terhadap  guru  yang
              mengikuti  PT  JJ,  Kusmawan  (2001)  menemukan  bahwa  lama
              mengajar  (pengalaman  menjadi  guru)  berkorelasi  negatif
              dengan  lama  studi.  Semakin  lama  pengalaman  mahasiswa
              menjadi guru,  semakin cepat kuliah diselesaikan.  Sebaliknya,
              jarak  institusi  PT  JJ  dengan  domisili  mahasiswa  berkorelasi
              negatif dengan  lama  studi.  Makin  dekat domisili  mahasiswa
              dengan   kantor/gedung   institusi   makin   lama   waktu
              penyelesaian studi.


          C.  lmplikasi Penelitian Kemahasiswaan UT

                 lmplikasi penelitian kemahasiswaan yang dilakukan UT ini
          akan  lebih  dititikberatkan  pada  implikasi  penelitian,  bukan  pada
          hasil  yang  didapat.  Dengan demikian,  institusi  yang  menerapkan
          PT  JJ  akan  mendapatkan  pandangan  yang  lebih  menyeluruh
          tentang  apa,  mengapa,  dan  bagaimana  melakukan  penelitian
          yang berkaitan dengan mahasiswa PT  JJ.
                 Pad a  dasarnya,  penelitian  mengenai  mahasiswa  PT JJ
          yang dilakukan UT mengikuti prosedur dan  pendekatan  penelitian



                                                                  477
   477   478   479   480   481   482   483   484   485   486   487