Page 482 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 482
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
dengan tutorial tertulis (16,67%) atau tutorial melalui radio
(25,5%).
• Gaya Be/ajar.
Julaeha & Andayani (2001) yang melakukan penelitian
terhadap siswa SMU dan mahasiswa UT menemukan adanya
perbedaan gaya belajar dalam dua kelompok tersebut.
Mayoritas siswa SMU memiliki dua gaya belajar, visual
(39,52%) dan auditorial (38,71%). Selain itu, mahasiswa
cenderung memiliki gaya belajar visual (58,61 %)
• Bimbingan dalam Be/ajar.
Dalam penelitian yang dilakukan terhadap guru yang
mengikuti PT JJ, Kusmawan (2001) menemukan bahwa lama
mengajar (pengalaman menjadi guru) berkorelasi negatif
dengan lama studi. Semakin lama pengalaman mahasiswa
menjadi guru, semakin cepat kuliah diselesaikan. Sebaliknya,
jarak institusi PT JJ dengan domisili mahasiswa berkorelasi
negatif dengan lama studi. Makin dekat domisili mahasiswa
dengan kantor/gedung institusi makin lama waktu
penyelesaian studi.
C. lmplikasi Penelitian Kemahasiswaan UT
lmplikasi penelitian kemahasiswaan yang dilakukan UT ini
akan lebih dititikberatkan pada implikasi penelitian, bukan pada
hasil yang didapat. Dengan demikian, institusi yang menerapkan
PT JJ akan mendapatkan pandangan yang lebih menyeluruh
tentang apa, mengapa, dan bagaimana melakukan penelitian
yang berkaitan dengan mahasiswa PT JJ.
Pad a dasarnya, penelitian mengenai mahasiswa PT JJ
yang dilakukan UT mengikuti prosedur dan pendekatan penelitian
477