Page 479 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 479

Andriani,  Penelitian Kemahasiswaan  di  ....



                  Jika  berbicara  tentang  tingkat  pengembalian  kuesioner,
           dapat  dikatakan  bahwa  penelitian  kemahasiswaan  di  UT
           menunjukkan tingkat pengembalian  kuesioner yang  tinggi.  Untuk
           empat   penelitian   yang   menggunakan   kuesioner,   tingkat
           pengembalian  kuesioner  berbeda  antara  kelompok  mahasiswa
           dengan  kelompok siswa.  Tingkat pengembalian  untuk  kelompok
           mahasiswa  beragam,  dengan  variasi  yang  tinggi  yaitu  terendah
           42%  (Kesiapan  Belajar Mandiri) dan tertinggi 74% (Gaya  Belajar).
           Sementara itu,  tingkat pengembalian  untuk siswa jauh lebih tinggi,
           diatas 90%.  Secara umum, tingkat pengembalian siswa ini di atas
           rata-rata yang berkisar pada tingkat 30%.
                  Selain  itu,  data  yang  dihasilan  dari  ketujuh  penelitian
           pada  tabel  1 dianalisis  dengan  menggunakan  statistik  deskriptif.
           Penjelasan   dan   perbandingan   hasil   dilakukan   dengan
           menggunakan  persentase,  skor,  dan  skala.   Sajian  data  pada
           ketujuh  penelitian  mencakup  situasi  demografi  sampel  (tahun
           registrasi,  asal  fakultas/program  studi,  usia,  dan  jenis  kelamin).
           Saran  yang  diberikan  dari  hasil  penelitian  ini  dapat dimanfaatkan
           UT  secara  langsung  untuk  menyempurnakan  layanan  yang
           diberikan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.
                  Berikut ini  hasil  yang  diperoleh  dari  tujuh  penelitian  pada
           tabel  1 yang difokuskan pada isu kemahasiswaan di  UT.

           •   Kesiapan Be/ajar Mandiri
              Hasil  penelitian  Puspitasari  &  Islam  (2003)  menunjukkan
              bahwa  siswa  SMU  dan  mahasiswa  UT  memiliki  skor
              kemandirian  rata-rata  (dapat  belajar  secara  sukses,  tetapi
              kurang  senang  bila  harus  bertanggung  jawab  penuh  dalam
              menentukan  kebutuhan  belajar,  dan  menentukan,  meren-
              canakan,  melaksanakan,  serta  mengevaluasi  belajarnya
              sendiri).   Temuan  ini  konsisten  dengan  temuan  Ngafiyati
              (2000)  yang  mengukur  tingkat  kemandirian  mahasiswa



          474
   474   475   476   477   478   479   480   481   482   483   484