Page 471 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 471
Andriani, Penelitian Kemahasiswaan dl ....
7. Mengembangkan materi. Pembelajaran mahasiswa akan
ditingkatkan jika materi dikaitkan dengan contoh. Untuk
PT JJ, materi yang diberikan idealnya memuat contoh
yang relevan dengan mahasiswa yang berada jauh dari
tutor. Tutor perlu dorong mahasiswa untuk menemukan
dan mengembangkan contoh yang relevan dengan
mereka atau dengan komunitas mereka.
Sementara itu, Kaye & Ramble (1981) memberi
penekanan pada upaya mengakomodasi kebutuhan belajar
mahasiswa sebagai orang dewasa mengingat mayoritas
mahasiswa PT JJ ada pada kelompok usia 25-50 tahun. Teori
yang dikembangkan Knowles (1978) mengenai androgogi (ilmu
tentang orang dewasa belajar) dapat dimanfaatkan sebagai dasar
untuk melihat pembelajaran orang dewasa dari enam aspek
berikut ini.
1. Anak-anak membutuhkan bantuan guru untuk
mendefinisikan pelajaran yang mereka ambil, orang
dewasa melakukannya sendiri.
2. Anak-anak bergantung pada gurunya dalam menentukan
apa, mengapa, kapan, dan bagaimana belajar. Orang
dewasa memiliki kemampuan untuk menentukan sendiri
dan bertanggung jawab untuk mencapainya.
3. Anak-anak belum memiliki banyak pengalaman untuk
disimpulkan, orang dewasa memiliki banyak pengalaman
yang mereka hargai sebagai sumber belajar.
4. Anak-anak akan menerima keputusan guru yang
menentukan materi apa yang dipelajari, kapan, dimana,
dan bagaimana mempelajari materi pelajaran. Orang
dewasa cenderung untuk membuat keputusan sendiri.
466