Page 469 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 469
Andrianl, Penelidan Kemahaslswaan di ....
6. memberi penekanan internal dengan fokus pada kaitan
antara materi instruksional dengan realitas sehari-hari.
Pergeseran dari pendekatan permukaan ke pendekatan
mendalam tentu tidak dapat berjalan secara otomatis. Brundage,
Keane, dan Mackenson (1993) menyarankan agar mahasiswa
dewasa dan instrukturnya menghadapi dan menyelesaikan tujuh
tantangan sebelum proses belajar dimulai. Ketujuh tantangan
tersebut adalah:
1. Menjadi dan tetap bertanggung jawab untuk diri sendiri.
Motivasi yang tinggi dibutuhkan untuk menyelesaikan
PT JJ karena minimalnya pertemuan sehari-hari. Tutor
dapat membantu meningkatkan motivasi mahasiswa
dengan menyediakan umpan balik secara konsisten dan
tepat waktu serta mendorong diterapkannya cara belajar
yang efektif.
2. Memiliki kekuatan, kemauan, keterampilan, dan
kebutuhan. Mahasiswa harus menyadari kekuatan dan
kelemahannya. Mereka juga dituntut untuk memahami
tujuan belajarnya. Tutor dapat membantu mahasiswa
menemukan kekuatan/kelemahan dan tujuannya dengan
berperan sebagai fasilitator dalam proses belajar.
Disamping itu, menyediakan kesempatan pada
mahasiswa untuk membagi tujuan belajar mereka akan
membantu proses belajar dan dapat meningkatkan
motivasi
3 Memelihara dan meningkatkan rasa percaya diri.
Mahasiswa PT JJ dapat meragukan kemampuan mereka
untuk memahami matakuliah. Salah satu penyebabnya
adalah mereka dituntut untuk menyeimbangkan beragam
tanggung jawab (pekerjaan, keluarga, sosial).
Kadangkala bahkan keterlibatan mereka dalam PT JJ
464