Page 469 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 469

Andrianl, Penelidan Kemahaslswaan di ....



               6.  memberi  penekanan  internal  dengan  fokus  pada  kaitan
                   antara materi instruksional dengan realitas sehari-hari.


                   Pergeseran  dari  pendekatan  permukaan  ke  pendekatan
            mendalam tentu  tidak dapat berjalan  secara otomatis.  Brundage,
            Keane,  dan  Mackenson  (1993)  menyarankan  agar  mahasiswa
            dewasa  dan  instrukturnya  menghadapi  dan  menyelesaikan  tujuh
            tantangan  sebelum  proses  belajar  dimulai.   Ketujuh  tantangan
            tersebut adalah:
               1.  Menjadi  dan  tetap  bertanggung jawab  untuk  diri sendiri.
                   Motivasi  yang  tinggi  dibutuhkan  untuk  menyelesaikan
                   PT  JJ  karena  minimalnya  pertemuan  sehari-hari.  Tutor
                   dapat  membantu  meningkatkan  motivasi  mahasiswa
                   dengan  menyediakan  umpan  balik  secara  konsisten  dan
                   tepat  waktu  serta  mendorong  diterapkannya  cara  belajar
                   yang efektif.
               2.  Memiliki   kekuatan,   kemauan,   keterampilan,   dan
                   kebutuhan.  Mahasiswa  harus  menyadari  kekuatan  dan
                   kelemahannya.  Mereka  juga  dituntut  untuk  memahami
                   tujuan  belajarnya.   Tutor  dapat  membantu  mahasiswa
                   menemukan  kekuatan/kelemahan  dan  tujuannya  dengan
                  berperan  sebagai  fasilitator  dalam  proses  belajar.
                  Disamping    itu,   menyediakan   kesempatan    pada
                  mahasiswa  untuk  membagi  tujuan  belajar  mereka  akan
                  membantu  proses  belajar  dan  dapat  meningkatkan
                  motivasi
               3   Memelihara  dan  meningkatkan  rasa  percaya  diri.
                  Mahasiswa  PT JJ  dapat  meragukan  kemampuan  mereka
                  untuk  memahami  matakuliah.  Salah  satu  penyebabnya
                  adalah  mereka  dituntut untuk  menyeimbangkan  beragam
                  tanggung    jawab   (pekerjaan,   keluarga,   sosial).
                  Kadangkala  bahkan  keterlibatan  mereka  dalam  PT  JJ



           464
   464   465   466   467   468   469   470   471   472   473   474