Page 470 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 470
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
tidak diketahui oleh lingkungan kerjanya dan diabaikan
oleh keluarganya. Kinerja mahasiswa dapat ditingkatkan
jika mahasiswa dapat menyediakan waktu untuk belajar
dan mendapat dukungan dari keluarga. Tutor dapat
memelihara rasa percaya diri mahasiswa dengan
menyediakan umpan balik yang sesuai. Sangat penting
bagi instruktur untuk memberi respons terhadap
pertanyaan mahasiswa, tugas yang diberikan, dan
bereaksi secara personal dengan memanfaatkan
beragam teknologi.
4. Berhubungan dengan mahasiswa lain. Mahasiswa PT JJ
dapat belajar dengan efektif pada saat mereka memiliki
kesempatan untuk berinteraksi dengan mahasiswa lain.
lnteraksi ini pada umumnya dimanfaatkan untuk
menyelesaikan masalah. Ketiadaan kesempatan untuk
berinteraksi secara langsung dapat difasilitasi dengan
pemanfaatan media teknologi dan komunikasi.
5 Menjelaskan apa yang dipelajari Mahasiswa PT JJ perlu
merefleksikan apa yang dipelajari Mereka perlu
memeriksa kerangka pengetahuan yang ada dalam
benaknya dan bagaimana hal ini bertambah atau berubah
sejalan dengan informasi yang masuk. Ujian, makalah,
dan presentasi kelas menyediakan kesempatan bagi
mahasiswa dan tutor untuk mengevaluasi proses belajar.
6. Mendefinisikan kembali apa yang dimaksud dengan
pengetahuan Mahasiswa dewasa kadang meragukan
manfaat pengalaman yang mereka miliki untuk
direfleksikan sebagai pengetahuan Tutor yang
menerflpatkan diri sebagai fasilitator dan tidak bertindak
secara otoriter akan membuat mahasiswa dapat melihat
pentingnya pengalaman mereka dalam proses belajar
465