Page 470 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 470

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



                 tidak  diketahui  oleh  lingkungan  kerjanya  dan  diabaikan
                 oleh  keluarganya.  Kinerja  mahasiswa dapat ditingkatkan
                 jika  mahasiswa  dapat  menyediakan  waktu  untuk  belajar
                 dan  mendapat  dukungan  dari  keluarga.   Tutor  dapat
                 memelihara  rasa  percaya  diri  mahasiswa  dengan
                 menyediakan  umpan  balik  yang  sesuai.  Sangat  penting
                 bagi   instruktur  untuk  memberi   respons  terhadap
                 pertanyaan  mahasiswa,  tugas  yang  diberikan,  dan
                 bereaksi   secara   personal   dengan   memanfaatkan
                 beragam teknologi.
             4.  Berhubungan  dengan  mahasiswa  lain.  Mahasiswa  PT JJ
                 dapat  belajar  dengan  efektif  pada  saat  mereka  memiliki
                 kesempatan  untuk  berinteraksi  dengan  mahasiswa  lain.
                 lnteraksi   ini   pada   umumnya  dimanfaatkan   untuk
                 menyelesaikan  masalah.   Ketiadaan  kesempatan  untuk
                 berinteraksi  secara  langsung  dapat  difasilitasi  dengan
                 pemanfaatan media teknologi dan komunikasi.
             5   Menjelaskan  apa  yang dipelajari  Mahasiswa  PT JJ  perlu
                 merefleksikan  apa  yang  dipelajari   Mereka  perlu
                 memeriksa  kerangka  pengetahuan  yang  ada  dalam
                 benaknya dan  bagaimana hal  ini  bertambah atau berubah
                 sejalan  dengan  informasi  yang  masuk.  Ujian,  makalah,
                 dan  presentasi  kelas  menyediakan  kesempatan  bagi
                 mahasiswa dan tutor untuk mengevaluasi proses belajar.
             6.  Mendefinisikan  kembali  apa  yang  dimaksud  dengan
                 pengetahuan   Mahasiswa  dewasa  kadang  meragukan
                 manfaat   pengalaman   yang   mereka    miliki   untuk
                 direfleksikan   sebagai   pengetahuan   Tutor  yang
                 menerflpatkan  diri  sebagai  fasilitator  dan  tidak  bertindak
                 secara  otoriter  akan  membuat  mahasiswa  dapat  melihat
                 pentingnya pengalaman mereka dalam proses belajar





                                                                 465
   465   466   467   468   469   470   471   472   473   474   475