Page 467 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 467

Andriani,  Penelitian Kemahasiswaan di  ....



          yaitu:  1)  pemahaman  mengenai  karakteristik  mahasiswa  PT JJ;
          2)  faktor  yang  mempengaruhi  kesuksesan  mahasiswa;  3)
          bagaimana  mahasiswa melihat PT JJ;  dan  4)  harapan  mahasiswa
          dari program PT JJ.
                 Untuk  mendapatkan  hasil  yang  optimal,  mahasiswa
          memerlukan  motivasi,  perencanaan,  dan  kemampuan  untuk
          menganalisis  dan  menerapkan  informasi  yang  diberikan.  Pada
          sistuasi  sistem  PTJJ,  Schuemer  (1993)  menyatakan  bahwa
          proses  pembelajaran  mahasiswa  lebih  kompleks  karena  alasan
          berikut ini.
              1.  Mahasiswa  PT JJ  pada  umumnya  sudah  lanjut  usia,
                 bekerja,  dan  berkeluarga.  Hal  ini  menimbulkan  masalah
                 karena   mereka   dituntut   untuk   mengkoordinasikan
                 berbagai  aspek  dalam  kehidupan  mereka  yang  saling
                 mempengaruhi  -keluarga,  pekerjaan,  waktu  luang,  dan
                 bela jar-.
              2.  Mahasiswa  PT JJ  memiliki  beragam  alasan  pada  saat
                 memutuskan  untuk  meneruskan  ke  PT JJ.   Beberapa
                 mahasiwa  tertarik   untuk  memperoleh   gelar  agar
                 mendapatkan pekerjaan  yang  lebih  baik.  Mahasiswa lain
                 mengambil  PT JJ  untuk  memperluas.  wawasan  tanpa
                 mempedulikan pencapaian gelar formal.
             3.  Pada  PT JJ,  mahasiswa  umumnya  terisolasi.   Motivasi
                 yang  disebabkan  oleh  adanya  kontak  dan  pertemuan
                 dengan  mahasiswa lain hampir tidak muncul dalam PT JJ.
                 Mahasiswa  juga  kurang  memperoleh  bantuan  langsung
                 dari  dosen  yang  hadir,  baik  berupa  pemberian  motivasi
                 serta,  perhatian  pad a  kebutuhan  nyata,.  dan  kesulitan
                 yang dihadapi mahasiswa.
             4.  Mahasiswa dan dosen seringkali tidak memiliki kesamaan
                 pengalaman  keseharian  sehingga  keeratan  hubungan





          462
   462   463   464   465   466   467   468   469   470   471   472