Page 468 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 468
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
antara mahasiwa dan dosen tidak dapat dikembangkan
dengan cepat.
5. Dalam konteks PT JJ, pada umumnya teknologi diman-
faatkan untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan.
Mahasiswa perlu dibiasakan untuk menggunakan
teknologi agar komunikasi dapat berlangsung dengan
Ia ncar.
Mahasiswa yang baru bergabung dengan institusi PT JJ
terkadang mengalami kesulitan memahami mata kuliah yang
diambil karena kurangnya bantuan langsung dari kawan sebaya,
kurangnya akses langsung ke nara sumber, dan juga
kegamangan terhadap teknologi yang digunakan. Morgan (1991)
menyatakan bahwa mahasiswa PT JJ yang kurang memiliki
percaya diri ini kemudian cenderung berkonsentrasi pada hapalan
fakta ketika mengerjakan tugas dan ujian. Kegiatan yang menurut
Morgan dapat dikategorikan sebagai pendekatan permukaan ini
akan menghasilkan pemahaman yang rendah terhadap materi
mata kuliah.
Morgan (1991) menyatakan bahwa agar berhasil,
mahasiswa PT JJ harus lebih selektif dan fokus dalam proses
belajarnya, sehingga mereka mampu menguasai informasi baru.
Cara yang diusulkan Morgan adalah dengan menerapkan
pendekatan mendalam sebagai berikut.
1. memfokuskan diri pada hal-hal yang nyata;
2. menghubungkan dan membedakan ide baru dengan
pengetahuan yang sudah dimiliki;
3. menghubungkan konsep dengan kejadian sehari-hari.
4. Hubungkan dan membedakan antara bukti dengan
argumentasi;
5. mengorganisasikan dan menstrukturkan materi;
463