Page 468 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 468

PENDIDIKAN TINGGI JARAK  JAUH



               antara  mahasiwa  dan  dosen  tidak  dapat  dikembangkan
               dengan cepat.
            5.  Dalam  konteks  PT JJ,  pada  umumnya  teknologi  diman-
               faatkan  untuk menyampaikan  informasi  yang  dibutuhkan.
               Mahasiswa    perlu   dibiasakan   untuk   menggunakan
               teknologi  agar  komunikasi  dapat  berlangsung  dengan
               Ia ncar.


               Mahasiswa  yang  baru  bergabung  dengan  institusi  PT  JJ
        terkadang  mengalami  kesulitan  memahami  mata  kuliah  yang
        diambil  karena  kurangnya  bantuan  langsung  dari  kawan  sebaya,
        kurangnya  akses  langsung  ke  nara  sumber,  dan  juga
        kegamangan  terhadap teknologi  yang  digunakan.  Morgan (1991)
        menyatakan  bahwa  mahasiswa  PT JJ   yang  kurang  memiliki
        percaya diri ini kemudian cenderung berkonsentrasi pada hapalan
        fakta ketika mengerjakan tugas dan ujian.  Kegiatan yang  menurut
        Morgan  dapat  dikategorikan  sebagai  pendekatan  permukaan  ini
        akan  menghasilkan  pemahaman  yang  rendah  terhadap  materi
        mata kuliah.
               Morgan  (1991)  menyatakan  bahwa  agar  berhasil,
        mahasiswa  PT  JJ  harus  lebih  selektif  dan  fokus  dalam  proses
        belajarnya,  sehingga  mereka  mampu  menguasai  informasi  baru.
        Cara  yang  diusulkan  Morgan  adalah  dengan  menerapkan
        pendekatan mendalam sebagai  berikut.
           1.  memfokuskan diri pada hal-hal yang nyata;
           2.  menghubungkan  dan  membedakan  ide  baru  dengan
               pengetahuan yang sudah dimiliki;
           3.  menghubungkan konsep dengan kejadian sehari-hari.
           4.  Hubungkan  dan  membedakan  antara  bukti  dengan
               argumentasi;
           5.  mengorganisasikan dan menstrukturkan materi;





                                                               463
   463   464   465   466   467   468   469   470   471   472   473