Page 439 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 439
PENDIDIKAN TINGGI }ARAK }AUH
mempertimbangkan faktor ketenangan tempat belajar,
keleluasaan suasana belajar, dan kemudahan transportasi.
4. Menetapkan biaya belajar
Kelompok belajar hendaknya juga memikirkan biaya
penunjang pertemuan, misalnya untuk konsumsi, fotokopi
bahan, dan lain-lain. Untuk itu, kelompok belajar dapat
menarik iuran dari anggota. luran ini dapat bersifat tetap,
misalnya setiap bulan, atau jika diperlukan saja.
5. Mempersiapkan sumber-sumber belajar lainnya
Kelompok belajar hendaknya mempersiapkan sumber-sumber
belajar lainnya selain bahan ajar utama (modul dan bahan
ajar noncetak). Sumber belajar ini perlu dibawa dalam
pertemuan kelompok agar materi dapat dibahas secara lebih
mendalam dan jika ada kesulitan, dapat dilihat kembali pada
sumbernya.
Langkah-langkah penetapan kegiatan seperti tersebut di
atas dimaksudkan sebagai pedoman dalam belajar secara
berkelompok. Kunci utama dari belajar secara berkelompok
adalah adanya kesepakatan, rasa kebersamaan, saling
pengertian, kemandirian, keleluasaan dan kesenangan yang
dirasakan oleh setiap anggota kelompok.
D. Pemanfaatan Kelompok Belajar
Seperti telah dijelaskan di awal tulisan, kelompok belajar
sangat dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa. Dengan adanya
kelompok belajar, minat dan semangat belajar mereka
bertambah. Di samping itu, informasi tentang UT menjadi lancar,
peserta dapat saling mengenal satu sama lain dan mahasiswa
dapat mengukur kemampuannya masing-masing.
433