Page 442 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 442
Adnan, Pembinaan Kelompok Belajar
E. Pembinaan Kelompok Belajar
Pembinaan kelompok belajar dimaksudkan agar
keberadaan kelompok belajar ini dapat dipertahankan sehingga
para mahasiswa yang tergabung di dalamnya dapat
memanfaatkan wadah ini untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
Untuk itu, kelompok belajar hendaknya mendapat bantuan dari
institusi penyelenggara PT JJ.
Menurut Simpson (2000), bantuan kepada mahasiswa
dapat diberikan antara lain melalui media cetak, telepon, tatap
muka, audio/video, radio, televisi, dan komputer. Bentuk
bantuannya dapat berupa bantuan akademik dan bantuan non
akademik. Bantuan akademik (tutorial) adalah bantuan yang
berhubungan dengan aspek-aspek kognitif, pengetahuan, dan
keterampilan mempelajari mata kuliah. Bantuan nonakademik
(konseling) adalah bantuan yang berhubungan dengan aspek-
aspek afeksi dan administrasi proses pembelajaran mahasiswa.
Dalam buku Petunjuk Pelaksanaan Program Pembinaan
Kemahasiswaan Universitas Terbuka (1988), tertera bahwa
pembina kelompok belajar di tingkat universitas dan fakultas
adalah Pembantu Rektor Ill, Pembantu Dekan Ill, dan Bagian
Kemahasiswaan. Pembina di tingkat UPBJJ adalah Kepala
UPBJJ melalui Koordinator Kemahasiswaan dan Bantuan Belajar.
Bentuk dan hubungan pembinaan di tingkat universitas/fakultas
dengan pembinaan di UPBJJ merupakan mata rantai yang
berkaitan. Tugas universitas/fakultas adalah menyusun program-
program pembinaan kelompok belajar, sedangkan UPBJJ
melaksanakan program-program tersebut dan memberikan
umpan balik ke universitas/fakultas tentang masalah-masalah
yang mungkin timbul dalam pelaksanaan program pembinaan.
Di tingkat universitas, program-program pembinaan
kelompok belajar yang selama ini telah dikembangkan umumnya
436