Page 443 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 443

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK JAUH



        lebih  kepada  upaya-upaya  untuk  mendukung  terlaksananya
        program-program  kemahasiswaan  dari  Direktorat  Jenderal
        Pendidikan  Tinggi  (Dikti)  Depdiknas  seperti  Program  Kreativitas
        Mahasiswa  (PKM),  Lomba  Karya  Tulis  (LKT),  dan  program  lain
        yang  bersifat  penalaran.  Untuk  mendukung  program-program
        tersebut,  perlu  dilakukan  pembinaan  sebagai  berikut  (Wardani,
        2003).
        1.  Menghimbau  mahasiswa  untuk  mengikuti  berbagai  kegiatan
           penalaran.  Hal  ini  disosialisasikan  ke  seluruh  UPBJJ-UT
           dengan  cara  mengirimkan  edaran  melalui  surat  dan  radio.
           Jika  kebetulan  ada  petugas  UT  Pusat  ke  daerah,  petugas
           diminta  untuk  menyampaikan  edaran  tersebut  kepada
           Koordinator  Kemahasiswaan  dan  Bantuan  Belajar di  UPBJJ-
           UT   dan   kepada    mahasiswa   secara   langsung   jika
           memungkinkan.
        2.  Mengirimkan  fotokopi  panduan  kegiatan  dan  rincian  langkah-
           langkah  yang  harus  dilakukan  oleh  UPBJJ-UT  dalam
           membimbing  mahasiswa  melakukan  kegiatan  penalaran
           tersebut.
        3.  Memberikan  bimbingan  langsung  kepada  mahasiswa dengan
           membentuk  suatu  tim  yang  terdiri  dari  tenaga  akademik  dari
           Fakultas,  Lembaga  Penelitian,  dan  Lembaga  Pengabdian
           pada  Masyarakat.  Bimbingan  langsung  ini  berupa  pelatihan
           singkat penyusunan proposal.
        4.  Memberikan  bimbingan  kepada  mahasiswa  pada  saat
           penelaahan proposal,  baik secara tatap muka maupun secara
           jarak  jauh  sampai  proposal  siap  dikirimkan  ke  Dikti
           Bimbingan  diberikan  oleh  tenaga  akademik  yang  ditunjuk
           sebagai pembimbing.

               Di  samping  program-program  penalaran  dari  Dikti,  UT
        juga  mendorong  setiap  PKBM  untuk  menyelenggarakan  diskusi



                                                                437
   438   439   440   441   442   443   444   445   446   447   448