Page 443 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 443
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK JAUH
lebih kepada upaya-upaya untuk mendukung terlaksananya
program-program kemahasiswaan dari Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi (Dikti) Depdiknas seperti Program Kreativitas
Mahasiswa (PKM), Lomba Karya Tulis (LKT), dan program lain
yang bersifat penalaran. Untuk mendukung program-program
tersebut, perlu dilakukan pembinaan sebagai berikut (Wardani,
2003).
1. Menghimbau mahasiswa untuk mengikuti berbagai kegiatan
penalaran. Hal ini disosialisasikan ke seluruh UPBJJ-UT
dengan cara mengirimkan edaran melalui surat dan radio.
Jika kebetulan ada petugas UT Pusat ke daerah, petugas
diminta untuk menyampaikan edaran tersebut kepada
Koordinator Kemahasiswaan dan Bantuan Belajar di UPBJJ-
UT dan kepada mahasiswa secara langsung jika
memungkinkan.
2. Mengirimkan fotokopi panduan kegiatan dan rincian langkah-
langkah yang harus dilakukan oleh UPBJJ-UT dalam
membimbing mahasiswa melakukan kegiatan penalaran
tersebut.
3. Memberikan bimbingan langsung kepada mahasiswa dengan
membentuk suatu tim yang terdiri dari tenaga akademik dari
Fakultas, Lembaga Penelitian, dan Lembaga Pengabdian
pada Masyarakat. Bimbingan langsung ini berupa pelatihan
singkat penyusunan proposal.
4. Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat
penelaahan proposal, baik secara tatap muka maupun secara
jarak jauh sampai proposal siap dikirimkan ke Dikti
Bimbingan diberikan oleh tenaga akademik yang ditunjuk
sebagai pembimbing.
Di samping program-program penalaran dari Dikti, UT
juga mendorong setiap PKBM untuk menyelenggarakan diskusi
437