Page 328 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 328

Puspitasarl,  Evaluasi  Hasil  Bela jar ....


         proses    pembelajaran   berlangsung,   untuk   meningkatkan
         keberhasilan belajar mahasiswa.


                                   TES FORMATIF
                                  nluk memon1tor proses
                                  belaJar -menga;ar)

                              ,------'-------.
                              '   Apakat1  mahas.•s'Na
                              1  mencapa1  tujuan p~rnbela1arar
                              '   yang tt:ioh d1te0t•~kan?
                            fiCldk~-­          Ya
                            ~-
                  Benkan rcmed<as:  KelorT;pok -~   Berrkan urnpan ball>  untuk  I
                      atau md1Y1dudl   1    r1cndukung proses btl..-tJar   J
                                   I
                               ----                 T -------- --
                                    ---- ----~
                                                    I
                ,----J-----,
                                              Me,,m1 utkan proues I
                  (ur~1uk rnempelaJan kesuhtan   pembelaJarar.
                    tJelaJar  matldSI~wa;       sesudl rencana
                                   Gambar 2
               Peran Tes Formatif dalam Pembelajaran (Gronlund,  1993)

                 Dari  Gambar 2  tersebut  dapat  kita  lihat  bahwa  hasil  tes
         formatif  dapat  digunakan  untuk  memutuskan,  apakah  ada
         mahasiswa yang  harus diberi remediasi karena belum menguasai
         tujuan  pembelajaran  yang  direncanakan.  Tes  formatif juga  dapat
         dikombinasikan  dengan  tes  diagnostik  untuk  mengetahui  apakah
         ada  materi  pembelajaran  yang  sangat  sulit  atau  tidak  bisa
         dikuasai  mahasiswa.  Hasil  tes  diagnostik dapat digunakan  untuk
         memutuskan  materi  yang  akan  diberikan  pada  proses  remediasi
         dan kepada siapa saja materi tersebut harus diberikan.
                 Peran  tes  formatif  sangat  penting  dalam  sistem  PT JJ.
         Seperti telah  dibahas di  atas,  mahasiswa PT JJ  melakukan proses
         belajar sendiri, terpisah secara fisik dari dosennya  Mereka belajar




         320
   323   324   325   326   327   328   329   330   331   332   333