Page 323 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 323

Evaluasi  Hasil  Belajar


                      di  Universitas Terbuka













         D
                 alam  arti  luas,  evaluasi  merupakan  proses  pengambilan
                 keputusan  tentang  keberhasilan  suatu  program,  proses,
                 maupun  produk  tertentu.  Menurut  Gronlund  dan  Linn
         (1990),  evaluasi  merupakan  suatu  proses  yang  dilakukan  secara
         sistematis  untuk  mengumpulkan,  menganalisis,  dan  menginter-
         pretasikan  informasi  guna  menentukan  sejauh  mana  siswa
         mencapai  tujuan  pendidikan.  Dalam  hal  ini,  evaluasi  menjadi
         suatu  bagian  yang  integral  dari  proses  belajar-mengajar.  Oleh
         sebab  itu,  dalam  dunia  pendidikan  evaluasi  dilakukan  secara
         terus-menerus,  baik  berupa  evaluasi  program  pendidikan,
         evaluasi kurikulum,  maupun evaluasi hasil belajar
                Evaluasi  hasil  belajar  merupakan  komponen  penting
         dalam  kegiatan  mengajar  dan  belajar.  Tanpa  evaluasi  hasil
         belajar kemajuan dan  keberhasilan  belajar mahasiswa,  sulit untuk
         diukur.  Peran  evaluasi  hasil  belajar  semakin  menonjol  dalam
         sistem  Pendidikan  Tinggi  Jarak Jauh  (PT JJ)  karena  interaksi fisik
         antara  pengajar  dan  mahasiswa  sangat  kurang  dibandingkan
         dengan  interaksi  antarmahasiswa dan  antara  mahasiswa dengan
         pengajar dalam sistem pendidikan konvensional.






                                                                 315
   318   319   320   321   322   323   324   325   326   327   328