Page 327 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 327
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
mahasiswa, misalnya kondisi psikologis maupun kondisi eksternal
yang mempengaruhi proses belajar mereka, kemampuan, serta
persiapan belajar mereka sendiri. Tetapi setidak-tidaknya, kualitas
bahan ajar yang baik dan ujian (tes) yang baik merupakan syarat
mutlak yang harus dipenuhi/dimiliki oleh institusi PT JJ.
B. Jenis-jenis Evaluasi Hasil Belajar
Ada beberapa jenis evaluasi hasil belajar yang dikenal,
seperti tes masuk (misalnya tes masuk perguruan tinggi), tes
penempatan (misalnya tes untuk menentukan tingkatan kelas
dalam suatu kursus bahasa lnggris), tes diagnostik (yaitu tes
untuk mengetahui kelemahan atau kegagalan belajar siswa), tes
formatif (misalnya latihan, pekerjaan rumah atau PR), dan tes
sumatif (misalnya ulangan umum). Telah dikenal banyak jenis
evaluasi hasil belajar dalam dunia pendidikan tetapi yang
dilaksanakan pada sektor pendidikan formal umumnya
dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu evaluasi formatif dan
evaluasi sumatif.
1. Evaluasi Formatif
Evaluasi formatif atau tes formatif dilaksanakan dengan
tujuan untuk mengembangkan langkah-/angkah perbaikan bukan
hanya untuk membuktikan keberhasilan atau kegagalan belajar
mahasiswa. Tes ini bertujuan untuk memperoleh umpan balik
terhadap keberhasilan mahasiswa selama proses pembelajaran
berlangsung, dan dilakukan pada berbagai titik saat
berlangsungnya proses pembelajaran, misalnya pada setiap akhir
pelajaran atau setiap akhir unit pembelajaran. Hasil tes digunakan
sebagai bahan untuk memperbaiki proses belajar-mengajar.
Kegiatan ini sebaiknya dilakukan secara terus-menerus selama
319