Page 326 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 326
Puspitasari, Evaluasi Hasil Belajar ....
dua elemen penting, yaitu kehadiran mahasiswa di kelas dan
ujian. Pada jenjang pendidikan yang lebih rendah, seperti SO,
SL TP, dan SMU, evaluasi hasil belajar juga didasarkan pada
proses belajar di dalam kelas Pada Taman Kanak-Kanak,
penilaian terutama didasarkan pada keterlibatan para siswa di
dalam proses belajar, kemandirian dan sosialisasi mereka dengan
teman-teman dan gurunya.
Pada sistem PT JJ, khususnya di UT hasil ujian dapat
dikatakan merupakan satu-satunya tolok ukur dalam menilai
keberhasilan belajar mahasiswanya, mengingat mahasiswa
umumnya belajar secara mandiri dan belajar sendiri. Oleh karena
itu, evaluasi hasil belajar dalam sistem PT JJ merupakan
komponen yang paling penting dalam menilai keberhasilan belajar
mahasiswa Tanpa ujian, keberhasilan belajar mahasiswa akan
sulit diketahui. Padahal, keberhasilan belajar mahasiswa di dalam
sistem PT JJ juga mencerminkan kualitas program belajar yang
dirancang dan dituangkan dalam bentuk kurikulum dan bahan
ajar
Kualitas ujian yang diselenggarakan sangat menentukan
penilaian tentang keberhasilan mahasiswa dan kualitas bahan
ajar. Mengapa demikian? Karena bahan ujian disusun
berdasarkan materi bahan ajar. Bila bahan ajarnya kurang
bermutu atau tidak bermutu, baik dari segi substansi maupun
keterbacaannya, tentunya akan mempengaruhi kualitas bahan
ujian (tes) yang dibuat Dengan demikian, hasil ujian kurang dapat
mencerminkan keberhasilan mahasiswa. Sebaliknya, bila bahan
aJar bermutu, tetapi materi ujian tidak dikembangkan dengan baik,
tentunya kualitas lulusan juga patut diragukan. Oleh karena itu,
kualitas bahan ajar harus baik dan butir-butir soal yang
dikembangkan juga harus bagus meskipun hal ini belum
menjamin bahwa hasil ujian mahasiswa akan baik juga, karena
banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar
318