Page 326 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 326

Puspitasari,  Evaluasi  Hasil  Belajar ....



          dua  elemen  penting,  yaitu  kehadiran  mahasiswa  di  kelas  dan
          ujian.  Pada  jenjang  pendidikan  yang  lebih  rendah,  seperti  SO,
          SL TP,  dan  SMU,  evaluasi  hasil  belajar  juga  didasarkan  pada
          proses  belajar  di  dalam  kelas  Pada  Taman  Kanak-Kanak,
          penilaian  terutama  didasarkan  pada  keterlibatan  para  siswa  di
          dalam proses belajar,  kemandirian dan sosialisasi mereka dengan
          teman-teman dan gurunya.
                  Pada  sistem  PT  JJ,  khususnya  di  UT  hasil  ujian  dapat
          dikatakan  merupakan  satu-satunya  tolok  ukur  dalam  menilai
          keberhasilan  belajar  mahasiswanya,  mengingat  mahasiswa
          umumnya  belajar secara  mandiri dan  belajar sendiri.  Oleh  karena
          itu,  evaluasi  hasil  belajar  dalam  sistem  PT JJ  merupakan
          komponen  yang  paling penting dalam menilai keberhasilan  belajar
          mahasiswa  Tanpa  ujian,  keberhasilan  belajar  mahasiswa  akan
          sulit diketahui.  Padahal,  keberhasilan  belajar mahasiswa di  dalam
          sistem  PT  JJ  juga  mencerminkan  kualitas  program  belajar  yang
          dirancang  dan  dituangkan  dalam  bentuk  kurikulum  dan  bahan
          ajar
                  Kualitas  ujian  yang  diselenggarakan  sangat  menentukan
          penilaian  tentang  keberhasilan  mahasiswa  dan  kualitas  bahan
          ajar.   Mengapa  demikian?   Karena   bahan   ujian   disusun
          berdasarkan  materi  bahan  ajar.  Bila  bahan  ajarnya  kurang
          bermutu  atau  tidak  bermutu,  baik  dari  segi  substansi  maupun
          keterbacaannya,  tentunya  akan  mempengaruhi  kualitas  bahan
          ujian (tes) yang dibuat Dengan demikian,  hasil ujian kurang dapat
          mencerminkan  keberhasilan  mahasiswa.  Sebaliknya,  bila  bahan
          aJar bermutu,  tetapi materi ujian tidak dikembangkan dengan baik,
          tentunya  kualitas  lulusan  juga  patut  diragukan.  Oleh  karena  itu,
          kualitas  bahan  ajar  harus  baik  dan  butir-butir  soal  yang
          dikembangkan  juga  harus  bagus  meskipun  hal  ini  belum
          menjamin  bahwa  hasil  ujian  mahasiswa  akan  baik  juga,  karena
          banyak   faktor   yang   mempengaruhi   keberhasilan   belajar


          318
   321   322   323   324   325   326   327   328   329   330   331