Page 330 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 330
Puspitasari, Evaluasi Hasil Belajar ....
maupun jawaban yang salah. Tes seperti inilah yang disebut
sebagai tes formatif.
Dengan mengerjakan tes formatif, mahasiswa dapat
mengetahui kemajuan belajarnya sendiri dan sekaligus dapat
mengidentifikasi kesulitan-kesulitan belajar yang ditemuinya
dalam proses belajarnya itu. Bila pertanyaan pada tes formatif
belum dapat dijawab dengan benar 80% atau lebih, maka
mahasiswa dianjurkan untuk mempelajari kembali konsep-konsep
yang belum mereka pahami. Evaluasi semacam ini dapat
membantu mahasiswa untuk merasa lebih yakin akan
keberhasilan mereka dalam belajar. Hal ini diharapkan akan
memotivasi mereka untuk mempelajari kegiatan belajar berikutnya
dengan lebih baik lagi. Sebaliknya, dengan mengetahui
kesalahan-kesalahan dalam menjawab, mahasiswa akan
termotivasi untuk mempelajari kembali kegiatan be!ajar yang
belum dipahaminya secara lebih tekun dan lebih baik lagi.
2. Evaluasi Sumatif
Evaluasi sumatif dilakukan pada akhir proses
pembelajaran. Evaluasi atau tes ini bertujuan untuk menentukan
apakah mahasiswa menguasai materi yang telah diajarkan/
dipelajari. Dengan kata lain, evaluasi sumatif diberikan untuk
mengetahui apakah mahasiswa telah mencapai hasil belajar yang
diharapkan sesuai yang ditentukan pada tujuan pembelajaran.
Hasil evaluasi digunakan terutama untuk memberikan
nilai bagi mahasiswa atau menentukan kelulusan mahasiswa.
Apabila hasil penilaian menunjukkan bahwa mahasiswa belum
mencapai tujuan pembelaJaran yang telah direncanakan, dosen
dapat memberikan pelajaran tambahan untuk memastikan
ketercapaian tujuan pembelajaran tersebut. ldealnya, evaluasi
hasil belajar mahasiswa tidak dilakukan pada akhir semester saja,
322