Page 330 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 330

Puspitasari,  Evaluasi  Hasil  Belajar ....



        maupun  jawaban  yang  salah.  Tes  seperti  inilah  yang  disebut
        sebagai tes formatif.
                Dengan  mengerjakan  tes  formatif,  mahasiswa  dapat
        mengetahui  kemajuan  belajarnya  sendiri  dan  sekaligus  dapat
        mengidentifikasi  kesulitan-kesulitan  belajar  yang  ditemuinya
        dalam  proses  belajarnya  itu.  Bila  pertanyaan  pada  tes  formatif
        belum  dapat  dijawab  dengan  benar  80%  atau  lebih,  maka
        mahasiswa dianjurkan  untuk mempelajari kembali konsep-konsep
        yang  belum  mereka  pahami.  Evaluasi  semacam  ini  dapat
        membantu    mahasiswa    untuk   merasa   lebih   yakin   akan
        keberhasilan  mereka  dalam  belajar.  Hal  ini  diharapkan  akan
        memotivasi mereka untuk mempelajari kegiatan belajar berikutnya
        dengan  lebih  baik  lagi.   Sebaliknya,  dengan  mengetahui
        kesalahan-kesalahan   dalam   menjawab,    mahasiswa   akan
        termotivasi  untuk  mempelajari  kembali  kegiatan  be!ajar  yang
        belum dipahaminya secara lebih tekun dan lebih baik lagi.


        2.  Evaluasi Sumatif

                Evaluasi   sumatif   dilakukan   pada   akhir   proses
        pembelajaran.  Evaluasi  atau  tes  ini  bertujuan  untuk  menentukan
        apakah  mahasiswa  menguasai  materi  yang  telah  diajarkan/
        dipelajari.  Dengan  kata  lain,  evaluasi  sumatif  diberikan  untuk
        mengetahui apakah mahasiswa telah  mencapai hasil belajar yang
        diharapkan sesuai yang  ditentukan pada tujuan pembelajaran.
                Hasil  evaluasi  digunakan  terutama  untuk  memberikan
        nilai  bagi  mahasiswa  atau  menentukan  kelulusan  mahasiswa.
        Apabila  hasil  penilaian  menunjukkan  bahwa  mahasiswa  belum
        mencapai  tujuan  pembelaJaran  yang  telah  direncanakan,  dosen
        dapat  memberikan  pelajaran  tambahan  untuk  memastikan
        ketercapaian  tujuan  pembelajaran  tersebut.  ldealnya,  evaluasi
        hasil belajar mahasiswa tidak dilakukan pada akhir semester saja,




        322
   325   326   327   328   329   330   331   332   333   334   335