Page 331 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 331
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
tetapi juga pada awal dan tengah semester dengan pemberian
tugas-tugas tambahan kepada mahasiswa. Dengan demikian,
proses belajar mahasiswa akan lebih terprogram, lebih terarah,
dan diharapkan akan lebih baik hasilnya.
Evaluasi sumatif dapat bermanfaat bagi proses
pembelajaran yang akan datang, bila hasil evaluasi hasil belajar
digunakan sebagai bahan untuk mengevaluasi efektivitas
pembelajaran secara keseluruhan. Artinya, para dosen
mempelajari hasil tes yang dapat menunjukkan materi-materi
pembelajaran yang belum dikuasai mahasiswa sampai dengan
akhir proses pembelajaran. Hal ini merupakan masukan yang
berharga untuk memperbaiki cara mengajar, dan menyampaikan
materi pembelajaran, ataupun merevisi bahan ajar.
TES SUMATIF
1 untuk rneniiJ: "'C'bernasrla'""'
beiO,cH)
L___-~;------
Yo
I
Benkan umpan bal,k fi&l :
[ pergalaman bela Jar tambahan ;
Evaluas1 efekt:v:tas
pembelaJaran
Gambar 3
Peran Tes Sumatif dalam Pembelajaran
(Dimodifikasi dari Gronlund, 1993)
323