Page 331 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 331

PENDIDIKAN TINGGI  )ARAK )AUH



          tetapi  juga  pada  awal  dan  tengah  semester  dengan  pemberian
          tugas-tugas  tambahan  kepada  mahasiswa.  Dengan  demikian,
          proses  belajar  mahasiswa  akan  lebih  terprogram,  lebih  terarah,
          dan  diharapkan akan  lebih baik hasilnya.
                 Evaluasi   sumatif  dapat   bermanfaat   bagi   proses
          pembelajaran  yang  akan  datang,  bila  hasil  evaluasi  hasil  belajar
          digunakan  sebagai  bahan  untuk  mengevaluasi  efektivitas
          pembelajaran   secara   keseluruhan.   Artinya,   para   dosen
          mempelajari  hasil  tes  yang  dapat  menunjukkan  materi-materi
          pembelajaran  yang  belum  dikuasai  mahasiswa  sampai  dengan
          akhir  proses  pembelajaran.  Hal  ini  merupakan  masukan  yang
          berharga  untuk  memperbaiki  cara  mengajar,  dan  menyampaikan
          materi pembelajaran, ataupun merevisi bahan ajar.


                                    TES  SUMATIF
                                1 untuk rneniiJ:  "'C'bernasrla'""'
                                      beiO,cH)
                              L___-~;------






                                                  Yo
                                   I
                   Benkan umpan bal,k fi&l   :
                [  pergalaman bela Jar tambahan  ;




                                  Evaluas1 efekt:v:tas
                                    pembelaJaran

                                   Gambar 3
                       Peran Tes Sumatif dalam Pembelajaran
                        (Dimodifikasi dari Gronlund, 1993)




                                                                  323
   326   327   328   329   330   331   332   333   334   335   336