Page 329 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 329
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK ]AUH
secara mandiri menggunakan bahan ajar yang dirancang khusus
untuk keperluan belajar mandiri. Untuk membantu proses belajar
mahasiswa, institusi PT JJ perlu menyediakan tes-tes formatif
untuk mengarahkan mereka agar dapat mengukur keberhasilan
belajarnya sendiri.
Salah satu cara yang diterapkan di UT untuk mengarah-
kan proses belajar mahasiswa adalah dengan memberikan
latihan-latihan dan pertanyaan-pertanyaan (soal) yang terdapat
pada setiap akhir suatu kegiatan belajar yang ada di dalam bahan
ajar (modul). Latihan-latihan yang terdapat di dalam modul
berfungsi sebagai alat diagnosis untuk mendeteksi masalah-
masalah serta kesulitan-kesulitan belajar mahasiswa. Mahasiswa
perlu mengerjakan latihan-latihan tersebut secara mandiri,
kemudian membandingkan jawaban mereka dengan jawaban
latihan yang disediakan dalam modul. Jawaban latihan perlu
disediakan, agar mahasiswa dapat mengetahui kesalahan dalam
menjawab, agar mereka dapat mengetahui kelemahan belajarnya.
Pada setiap akhir kegiatan belajar, mahasiswa diminta
untuk mengerjakan tes formatif. Materi tes dikembangkan
berdasarkan pengetahuan ataupun keterampilan yang telah
dibahas pada kegiatan-kegiatan belajar tersebut Materi tes
mencakup materi-materi setiap kegiatan belajar yang dianggap
penting untuk dikuasai mahasiswa, baik yang mudah maupun
yang sulit Mahasiswa diminta untuk menjawab. kemudian
mencocokkan jawaban-jawaban mereka sesuai dengan kunci
jawaban yang telah disediakan pada setiap akhir modul. Kunci
jawaban perlu disediakan karena mahasiswa harus mengerjakan
tes dan memeriksanya sendiri. Kunci jawaban tersebut perlu
dilengkapi dengan penjelasan yang berfungsi menguatkan
jawaban yang benar, sekaligus penjelasan yang mengoreksi
jawaban yang salah. Penjelasan ini akan membantu mahasiswa
dalam memahami alasan-alasan dari jawaban yang benar
321