Page 324 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 324
Puspitasari, Evaluasi Hasil Belajar ....
-------------------------------
A. Peran Evaluasi Hasil Belajar di Dalam Sistem
PTJJ
Sistem PT JJ sebenarnya mempunyai aktivitas utama
yang tidak berbeda dengan sistem pendidikan tatap muka, yaitu
terdiri dari aktivitas mengajar dan aktivitas belajar (Belawati,
2000). Namun, karena adanya keterpisahan pelaksanaan
kegiatan mengajar dan kegiatan belajar pada sistem PT JJ,
pengelolaan kedua aktivitas tersebut berbeda dengan
pengelolaan kegiatan belajar-mengajar pada sistem pendidikan
konvensional (Gam bar 1)
Mahasiswa pad a sistem PT JJ dituntut untuk dapat bela jar
secara mandiri dengan menggunakan bahan ajar yang telah
disiapkan untuk keperluan belajar mandiri. Namun, seperti terlihat
pad a Gam bar 1, institusi PT JJ tetap dirancang untuk memberikan
bantuan belaJar kepada mahasiswa. Bila mahasiswa tidak
mengikuti tutorial atau tidak pernah berinteraksi dengan siapa pun
dalam mempelajari bahan ajar, berarti kegiatan belajar
mahasiswa benar-benar dilakukan secara mandiri dan sendiri.
316