Page 324 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 324

Puspitasari,  Evaluasi  Hasil  Belajar ....
                                -------------------------------


          A.  Peran Evaluasi Hasil Belajar di  Dalam Sistem
              PTJJ
                 Sistem  PT JJ  sebenarnya  mempunyai  aktivitas  utama
          yang  tidak  berbeda  dengan  sistem  pendidikan  tatap  muka,  yaitu
          terdiri  dari  aktivitas  mengajar  dan  aktivitas  belajar  (Belawati,
          2000).   Namun,  karena  adanya  keterpisahan  pelaksanaan
          kegiatan  mengajar  dan  kegiatan  belajar  pada  sistem  PT  JJ,
          pengelolaan   kedua   aktivitas   tersebut   berbeda   dengan
          pengelolaan  kegiatan  belajar-mengajar  pada  sistem  pendidikan
          konvensional (Gam bar 1)
                 Mahasiswa pad a sistem  PT JJ  dituntut untuk dapat bela jar
          secara  mandiri  dengan  menggunakan  bahan  ajar  yang  telah
          disiapkan untuk keperluan  belajar mandiri.  Namun,  seperti terlihat
          pad a Gam bar 1,  institusi PT JJ tetap dirancang untuk memberikan
          bantuan  belaJar  kepada  mahasiswa.  Bila  mahasiswa  tidak
          mengikuti tutorial atau tidak pernah  berinteraksi dengan siapa pun
          dalam  mempelajari  bahan  ajar,   berarti  kegiatan  belajar
          mahasiswa benar-benar dilakukan secara mandiri dan sendiri.


























          316
   319   320   321   322   323   324   325   326   327   328   329