Page 31 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 31

Soekartawi,  Mengapa  Diperlukan PTJJ?



             sibuk  bekerja,  mereka  yang  bertugas  di  kapal,  di  luar negeri,
             dan sebagainya.

                Walaupun  demikian  pemanfaatan  internet  atau  belajar-e
         juga  tidak  terlepas  dari  berbagai  kekurangan  dan  berbagai  kritik
         (Beam,  1997; Bullen, 2001;  Soekartawi, 2003), antara lain:
         •   kurangnya ~nteraksi antara guru dan  siswa atau  bahkan  antar
             siswa  itu  sendiri,  kurangnya  interaksi  ini  bisa  memperlambat
             terbentuknya nilai-nilai dalam proses belajar dan mengajar;
         •   kecenderungan  mengabaikan  aspek  akademik  atau  aspek
             sosial   dan   sebaliknya   mendorong   tumbuhnya   aspek
             bisnis/komersial;
         •   proses belajar dan  mengajarnya cenderung  ke arah  pelatihan
             daripada pendidikan;
         •   berubahnya  peran  guru  dari  yang  semula  menguasai  teknik
             pembelajaran  konvensional,  kini  dituntut  mengetahui  teknik
             pembelajaran yang menggunakan TIK;
         •   siswa  yang  tidak  mempunyai  motivasi  belajar  yang  tinggi
             cenderung gagal;
         •   tidak  semua  tempat  tersedia  fasilitas  internet  --hal  ini
             berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon ataupun
             komputer--;
         •   kurangnya   mereka   yang   mengetahui    dan   memiliki
             keterampilan soal-soal internet; dan
         •   kurangnya penguasaan bahasa komputer.



         C.  Studi Kelayakan: Yang perlu Diperhatikan
             dalam Menyelenggarakan 'PJJ'

                 Ahli-ahli  pendidikan  dan  internet menyarankan  beberapa
         hal  yang  perlu  diperhatikan  sebelum  seseorang  memilih  internet
         untuk  kegiatan  pembelajaran  (Bullen,  2001;  Hartanto  dan  Purbo,



         16
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36