Page 31 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 31
Soekartawi, Mengapa Diperlukan PTJJ?
sibuk bekerja, mereka yang bertugas di kapal, di luar negeri,
dan sebagainya.
Walaupun demikian pemanfaatan internet atau belajar-e
juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan dan berbagai kritik
(Beam, 1997; Bullen, 2001; Soekartawi, 2003), antara lain:
• kurangnya ~nteraksi antara guru dan siswa atau bahkan antar
siswa itu sendiri, kurangnya interaksi ini bisa memperlambat
terbentuknya nilai-nilai dalam proses belajar dan mengajar;
• kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek
sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek
bisnis/komersial;
• proses belajar dan mengajarnya cenderung ke arah pelatihan
daripada pendidikan;
• berubahnya peran guru dari yang semula menguasai teknik
pembelajaran konvensional, kini dituntut mengetahui teknik
pembelajaran yang menggunakan TIK;
• siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi
cenderung gagal;
• tidak semua tempat tersedia fasilitas internet --hal ini
berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon ataupun
komputer--;
• kurangnya mereka yang mengetahui dan memiliki
keterampilan soal-soal internet; dan
• kurangnya penguasaan bahasa komputer.
C. Studi Kelayakan: Yang perlu Diperhatikan
dalam Menyelenggarakan 'PJJ'
Ahli-ahli pendidikan dan internet menyarankan beberapa
hal yang perlu diperhatikan sebelum seseorang memilih internet
untuk kegiatan pembelajaran (Bullen, 2001; Hartanto dan Purbo,
16