Page 29 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 29

Soekartawi,  Mengapa  Diperlukan PTJJ?



         proses  belajar  dan  mengajar  akan  didominasi  oleh  peran  guru,
         buku dan teknologi (era guru, buku, dan teknologi).


         2.  Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Jarak Jauh
             Belajar-e
                Menyadari  bahwa  di  internet  dapat  ditemukan  berbagai
         informasi  dan  informasi  itu  dapat  diakses  secara  lebih  mudah,
         kapan saja dan di mana saja,  maka pemanfaatan internet menjadi
         suatu  kebutuhan.  Bukan  itu  saja,  pengguna  internet  bisa
         berkomunikasi  dengan  pihak  lain  dengan  cara  yang  sangat
         mudah melalui teknik moderasi-e yang  tersedia di  internet
                Dengan  mengambil  contoh  SMART  School  di  Malaysia,
         setiap  introduksi  suatu  teknologi  pendidikan  tertentu  yang  baru
         seperti  pemanfaatan  internet,  maka  ada  empat  hal  yang  perlu
         disiapkan, yaitu:
         •   melakukan  penyesuaian  kurikulum-kurikulum  bersifat  holistik:
             pengetahuan,  ketrampilan  dan  nilai  diintegrasikan  dengan
             kebutuhan  di  era  informasi  ini  yang  kurikulumnya  bersifat
             berbasis kompetensi;
         •   melakukan  variasi  cara  mengajar  untuk  mencapai  dasar
             kompetensi yang  ingin dicapai dengan bantuan komputer;
         •   melakukan  penilaian  dengan  memanfaatkan  teknologi  yang
             ada (menggunakan komputer,  sistem penilaian online); dan
         •   menyediakan  material  pembelajaran  seperti  buku,  komputer,
             multimedia.  studio,  dll  yang  memadai:  materi  pembelajaran
             yang  disimpan  di  komputer  dapat  diakses  dengan  mudah,
             baik oleh guru maupun siswa.


                Pihak  pengelola  SMART  School  beranggapan  bahwa
         penggunaan  TIK  khususnya  internet  bisa  mendorong  murid
         menjadi  lebih  belajar aktif,  dimungkinkan adanya  berbagai variasi




         l.f
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34