Page 24 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 24
PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH
Tabel2
Angka Partisipasi di Perguruan Tinggi di Negara-negara Tertentu
Negara Angka Partisipasi (%)
Singapura 34,0
Filipina 30,0
Thailand 22,1
Malaysia 11,7
Indonesia 11,0
Australia 72,0
Korea Selatan 67,7
Sumber: EducatiOn Reform (2001 ).
3. Masalah-masalah Pendidikan Jarak Jauh
Masalah-masalah yang lazim dialamatkan ke PJJ adalah
masalah: (a) kualitas pendidikan, (b) kurang atau tidak adanya
interaksi antara dosen dan mahasiswa, (c) mahasiswa tidak atau
kurang mempunyai akses kepada teknologi yang dipakai dalam
PJJ seperti komputer (internet), (d) tidak ada fasilitas teknologi
atau pendukung PJJ lainnya, seperti komputer, internet, telepon,
listrik dan (e) PJJ biayanya mahal. Masalah- masalah di atas
seharusnya tidak perlu ada, kalau PJJ tersebut dilaksanakan
dengan baik. Teknologi pendidikan yang digunakan pada PJJ
bervariasi, antara lain melalui media cetak, audio, video dan
komputer/internet; atau kombinasi dari empat teknologi tersebut.
Masalah yang ada bukan hanya ini saja. Masalah yang
lebih serius sebenarnya terletak pada sumber daya manusianya,
khususnya di pihak penyelenggara. lnstansi tempat penulis
ditugaskan sekarang, yaitu SEAMEO Regional Open Learning
Center (SEAMOLEC), kini terlalu banyak mendapat tawaran
pekerjaan konsultasi dari berbagai lembaga pendidikan tinggi,
9