Page 21 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 21
Soekartawi, Mengapa Diperlukan PTJJ?
1. Karakteristik PJJ
Pendidikan Jarak Jauh dicirikan oleh hal-hal sebagai
berikut
• Sistem pendidikan yang pelaksanaannya memisahkan guru
dan murid. Mereka terpisahkan karena faktor jarak, waktu
atau kombinasi dari keduanya.
• Karena guru dan murid terpisahkan, maka penyampaian
bahan ajar dilaksanakan dengan bantuan media-media
cetak, media elektronik seperti audio, video, atau komputer
dengan segala fasilitas yang dimilikinya.
• Bahan ajar bersifat 'mandiri' dan untuk yang menggunakan
bantuan komputer (seperti kursus online), maka bahan ajar ini
disimpan dan disajikan di komputer
• Paradigma baru yang terjadi di PJJ adalah peran guru yang
lebih bersifat 'fasilitator' dan murid yang berperan sebagai
'peserta' dalam proses belaJar-mengajar. Karena itu guru
dituntut untuk menciptakan teknik mengajar yang baik,
menyajikan bahan ajar yang menarik, sementara itu siswa
dituntut untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar Siswa
yang kurang aktif akan lebih mudah gagal dalam proses
bela jar.
Dari berbagai kepustakaan, istilah atau sebutan
pendidikan jarak jauh juga dikenal dengan nama
• packaged learning,
• open learning.
• flexi study,
• independent/individualized learnmg,
• flexible learning,
• home study.
• supported self study.
6