Page 21 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 21

Soekartawi,  Mengapa  Diperlukan PTJJ?



          1.  Karakteristik PJJ
                 Pendidikan  Jarak  Jauh  dicirikan  oleh  hal-hal  sebagai
          berikut
          •   Sistem  pendidikan  yang  pelaksanaannya  memisahkan  guru
             dan  murid.  Mereka  terpisahkan  karena  faktor  jarak,  waktu
             atau kombinasi dari keduanya.
          •   Karena  guru  dan  murid  terpisahkan,  maka  penyampaian
             bahan  ajar  dilaksanakan  dengan  bantuan  media-media
             cetak,  media  elektronik  seperti  audio,  video,  atau  komputer
             dengan segala fasilitas yang dimilikinya.
          •   Bahan  ajar  bersifat  'mandiri'  dan  untuk  yang  menggunakan
             bantuan  komputer (seperti  kursus online),  maka bahan ajar ini
             disimpan dan disajikan di komputer
          •   Paradigma  baru  yang  terjadi  di  PJJ  adalah  peran  guru  yang
             lebih  bersifat  'fasilitator'  dan  murid  yang  berperan  sebagai
             'peserta'  dalam  proses  belaJar-mengajar.  Karena  itu  guru
             dituntut  untuk  menciptakan  teknik  mengajar  yang  baik,
             menyajikan  bahan  ajar  yang  menarik,  sementara  itu  siswa
             dituntut untuk aktif berpartisipasi  dalam  proses  belajar  Siswa
             yang  kurang  aktif  akan  lebih  mudah  gagal  dalam  proses
             bela jar.

                 Dari   berbagai   kepustakaan,   istilah   atau   sebutan
          pendidikan jarak jauh  juga dikenal dengan nama
          •   packaged learning,
          •   open learning.
          •   flexi study,
          •   independent/individualized learnmg,
          •   flexible learning,
          •   home study.
          •   supported self study.




          6
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26