Page 22 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 22
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
• computer based training, atau
• correspondence education (Salmon, 2000, 2001, Scott et al,
1977)
2. PJJ dan Daya Tampung
Terlepas dari ragam masalah di bidang pendidikan di
Indonesia sekarang ini, maka kuncinya berujung pada masalah
daya tampung Lembaga pendidikan di Indonesia daya
tampungnya rendah, sehingga banyak orang berebut universitas
atau sekolah.
Makin bermutu suatu universitas atau sekolah, maka
makin tinggilah kompetisi memperebutkan lembaga pendidikan
tersebut. Hal ini disebabkan karena tingkat kesadaran masyarakat
yang semakin tinggi, yang beranggapan bahwa investasi di
bidang pendidikan adalah investasi yang dianggap paling tepat
untuk masa depan anak-anaknya. Karena itulah mereka mencari
universitas atau sekolah apa saja, terlepas dari mutunya baik atau
tidak, yang penting masuk kuliah atau sekolah dahulu.
Benarkah daya tampung universitas atau sekolah di
Indonesia rendah? Tabel 1 menjelaskan betapa rendahnya daya
tampung perguruan tinggi kita.
Dari data di Tabel 1, terlihat bahwa (a) daya tampung
perguruan tinggi kita adalah relatif rendah, yaitu sebesar 19%
saja; (b) daya tampung di luar Jawa (25,96%) relatif lebih besar
bila dibandingkan dengan daya tampung perguruan tinggi di Jawa
yang hanya 15,04%, dan (c) jumlah peminat masuk perguruan
tinggi di Jawa jauh lebih besar, yaitu berjumlah 63,5%. Data
tersebut dilihat dari jumlah lulusan sekolah lanjutan atas yang
diterima dan ingin masuk ke lembaga pendidikan tinggi.
Selanjutnya bagaimana halnya dengan mereka yang
umurnya relatif sama, namun tidak tertampung di lembaga
7