Page 34 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 34
PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH
yang pro dan kontra tentang perhitungan biaya ini, secara umum
diakui bahwa biaya PJJ relatif lebih murah.
2. Rancangan lnstruksional
Dalam menentukan rancangan instruksional perlu
dipertimbangkan aspek-aspek berikut ini (Soekartawi, et al, 1999;
Hashim and Razmah, 2001)
• isi pelajaran, cakupan, topik yang relevan dan satuan kredit
semester;
• analisis siswa, seperti latar belakang pendidikan siswa, usia,
jenis kelamin, status pekerJaan, dan sebagainya
• analisis konteks belajar, seperti kompetisi pembelajaran yang
diinginkan dibahas secara mendalam di bagian mi.
• analisis pembelajaran, seperti bahan ajar yang dikelompok-
kan menurut kepentingannya, menyusun tugas-tugas dari
yang mudah hingga yang sulit, dan sebagainya.
• tujuan instruksional, yang dapat disusun berdasarkan hasil
dari analisis instruksional.
• kriteria tes, yang disusun berdasarkan dari tujuan
instruksional yang telah ditetapkan.
• strategi instruksional, yang ditetapkan berdasarkan fasilitas
yang ada.
3. Interlace Design
Pada tahapan ini perlu dilakukan uji dari platform atau
dasar kerja yang telah dirancang. Kadang-kadang model yang
telah dirancang dalam HTML- style tidak bisa dioperasikan.
19