Page 34 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 34

PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH



       yang  pro  dan  kontra  tentang  perhitungan  biaya  ini,  secara  umum
       diakui bahwa biaya PJJ  relatif lebih murah.



       2.  Rancangan lnstruksional
              Dalam    menentukan   rancangan   instruksional   perlu
       dipertimbangkan aspek-aspek berikut ini  (Soekartawi,  et al,  1999;
       Hashim and Razmah,  2001)
       •   isi  pelajaran,  cakupan,  topik  yang  relevan  dan  satuan  kredit
           semester;
       •   analisis  siswa,  seperti  latar  belakang  pendidikan  siswa,  usia,
           jenis kelamin,  status pekerJaan,  dan  sebagainya
       •   analisis konteks belajar,  seperti kompetisi pembelajaran  yang
           diinginkan dibahas secara mendalam di bagian mi.
       •   analisis  pembelajaran,  seperti  bahan  ajar  yang  dikelompok-
           kan  menurut  kepentingannya,  menyusun  tugas-tugas  dari
           yang mudah hingga yang sulit, dan sebagainya.
       •   tujuan  instruksional,  yang  dapat  disusun  berdasarkan  hasil
           dari analisis instruksional.
       •   kriteria   tes,   yang   disusun   berdasarkan   dari   tujuan
           instruksional yang telah ditetapkan.
       •   strategi  instruksional,  yang  ditetapkan  berdasarkan  fasilitas
           yang ada.


       3.  Interlace Design

              Pada  tahapan  ini  perlu  dilakukan  uji  dari  platform  atau
       dasar  kerja  yang  telah  dirancang.  Kadang-kadang  model  yang
       telah dirancang dalam HTML- style tidak bisa dioperasikan.









                                                                 19
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39