Page 30 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 30
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK JAUH
yang dapat dilakukan dalam proses belajar dan mengajar,
diperolehnya keterampilan yang berganda dan dicapainya
efisiensi. Harian Sunday Star (30 Juni 2002) menyebut SMART
School sebagai contoh sekolah masa depan.
Dari berbagai pengalaman dan juga dari berbagai
informasi yang tersedia di literatur memberikan petunjuk tentang
manfaat penggunaan internet, khususnya dalam pendidikan
terbuka dan jarak jauh (Eiangoan, 1997, Mulvihil, 1997;
Soekartawi, 2002b; Soekartawi, 2003, Utarini, 1997). Petunjuk-
petunjuk tersebut antara lain adalah:
• tersedianya fasilitas moderasi-e, yaitu guru dan siswa dapat
berkomunikasi secara mudah melalui fasilitas internet secara
berkala atau kapan saja. Kegiatan berkomunikasi itu
dilakukan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat dan waktu.
• guru dan siswa dapat menggunakan bahan ajar atau petunjuk
belajar yang terstruktur dan terjadwal melalui internet,
sehingga keduanya bisa saling menilai sampai berapa jauh
bahan ajar sudah dipelajari;
• siswa dapat belajar atau mereviu bahan ajar setiap saat dan
di mana saja kalau diperlukan. mengingat bahan ajar
tersimpan di komputer;
• bila siswa memerlukan tambahan informasi yang berkaitan
dengan bahan yang dipelajarinya, ia dapat melakukan akses
di internet secara lebih mudah.
• baik guru maupun siswa dapat melakukan diskusi melalui
internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang
banyak, sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan dan
wawasan yang lebih luas;
• berubahnya peran siswa dari yang biasanya pasif menjadi
aktif;
• relatif lebih efisien, misalnya, bagi mereka yang tinggal jauh
dari perguruan tinggi atau sekolah konvensional, mereka yang
15