Page 35 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 35
Soekartawi, Mengapa Dlperlukan PnJ?
4. Tahap Pengembangan
Berbagai upaya dalam rangka pengembangan belajar-e
bisa dilakukan mengikuti perkembangan fasilitas TIK yang
tersedia. Hal ini terjadi karena kadang-kadang fasilitas TIK tidak
dilengkapi dalam waktu yang bersamaan. Begitu pula halnya
dengan prototipe bahan ajar dan rancangan instruksional yang
akan dipergunakan harus terus dikembangkan dan dievaluasi
secara kontinu.
5. Pelaksanaan
Prototipe yang lengkap bisa dipindahkan ke komputer
(LAN) dengan menggunakan format, misalnya format HTML. Uji
terhadap prototipe hendaknya terus-menerus dilakukan. Dalam
tahapan ini seringkali ditemukan berbagai hambatan, misalnya
bagaimana menggunakan alat ajar manajemen secara baik,
apakah bahan ajarnya benar-benar memenuhi standar bahan ajar
mandiri (Jatmiko, 1997).
6. Evaluasi
Sebelum program dimulai, sebaiknya diadakan uji coba
dengan menentukan beberapa sampel orang yang mengevaluasi.
Proses dari keenam tahapan di atas memerlukan waktu
yang relatif lama, karena prototipe perlu dievaluasi secara terus
menerus. Masukan dari orang lain atau dari siswa perlu
diperhatikan secara serius. Proses dari tahapan satu sampai
tahapan keenam dapat dilakukan berulang kali, karena prosesnya
terjadi terus-menerus.
20