Page 35 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 35

Soekartawi, Mengapa Dlperlukan PnJ?



          4.  Tahap Pengembangan

                 Berbagai  upaya  dalam  rangka  pengembangan  belajar-e
          bisa  dilakukan  mengikuti  perkembangan  fasilitas  TIK  yang
          tersedia.  Hal  ini  terjadi  karena  kadang-kadang  fasilitas  TIK  tidak
          dilengkapi  dalam  waktu  yang  bersamaan.  Begitu  pula  halnya
          dengan  prototipe  bahan  ajar  dan  rancangan  instruksional  yang
          akan  dipergunakan  harus  terus  dikembangkan  dan  dievaluasi
          secara kontinu.



          5.  Pelaksanaan
                 Prototipe  yang  lengkap  bisa  dipindahkan  ke  komputer
          (LAN)  dengan  menggunakan  format,  misalnya  format  HTML.  Uji
         terhadap  prototipe  hendaknya  terus-menerus  dilakukan.  Dalam
         tahapan  ini  seringkali  ditemukan  berbagai  hambatan,  misalnya
         bagaimana  menggunakan  alat  ajar  manajemen  secara  baik,
         apakah bahan ajarnya benar-benar memenuhi standar bahan ajar
         mandiri (Jatmiko,  1997).


         6.  Evaluasi

                 Sebelum  program  dimulai,  sebaiknya  diadakan  uji  coba
         dengan menentukan beberapa sampel orang yang mengevaluasi.
                 Proses  dari  keenam  tahapan  di  atas  memerlukan  waktu
         yang  relatif  lama,  karena  prototipe  perlu  dievaluasi  secara  terus
         menerus.  Masukan  dari  orang  lain  atau  dari  siswa  perlu
         diperhatikan  secara  serius.  Proses  dari  tahapan  satu  sampai
         tahapan keenam dapat dilakukan berulang kali,  karena prosesnya
         terjadi terus-menerus.








         20
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40