Page 271 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 271
bisnis menjadi berisiko berkurang, sementara negara lain menerima
investasi dari negara yang membawa emisi dimana peraturan GRK
mereka jauh lebih lunak sehingga mengakibatkan GRK meningkat.
Pada periode 1991 – 2005 industri membayar sebesar 21-50% dari
tarif pajak karbon, dan saat ini industri di Swedia membayar 80%
dari pajak secara penuh (Anderson, 2019). Pajak karbon pertama
kali dikenakan sebesar USD 30 per ton CO dan secara bertahap
2
naik sampai USD 44 pada tahun 2000. Pada periode tahun 2001
– 2004 naik menjadi USD 109 dan pada tahun 2022 pajak karbon
menjadi lebih kurang sebesar USD 130 per ton CO . Tarif pajak
2
akhir dikenakan pada bahan bakar fosil sesuai dengan nilai kadar
karbon.
Value Added Tax (VAT) di Swedia pada tahun 1990 adalah
sebesar 25%, sehingga untuk harga bahan bakar bensin (gasoline)
dan solar (diesel) saat ini terdiri dari tax-exclusive price (p ), pajak
t
energi (Ƭ t,energy ), pajak karbon (Ƭ , ), dan value added tax (VAT). VAT
t CO2
rate sebesar 25% dikenakan pada semua komponen untuk harga
konsumen (biaya produksi, margin penjual, dan excise tax yaitu
pajak energi dan pajak karbon).
p* = (p + Ƭ + Ƭ , ) VAT
t t t,energy t CO2
Sebagai contoh: proses pembakaran 1 liter bensin akan
melepaskan sebesar 2,323 kg CO . Maka pajak karbon 0,25 SEK
2
per kg CO (1 Swedia Krona atau SEK= USD 0.12) pada tahun 1991,
2
maka besaran ini ditambahkan pada harga bensin (gasoline) yang
dikenakan pada konsumen adalah 2,323 x 0.25 = 0.58 SEK per liter
(Julius J. Andersson.2019)
Gambar 5.10a menunjukkan pajak energi real yang dikenakan
pada bensin konstan dari tahun 1960 – 2000. Pada Gambar 5.10b
total pajak meningkat sebesar 39% pada tahun 1990 dan lebih dari IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UNTUK SUMBER EMISI
82% pada periode antara 1989 – 2005 dari 4 SEK (USD 0.48) per liter
sampai lebih dari 7 SEK (USD 0.86).
241
11/3/2023 4:11:18 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 241
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 241 11/3/2023 4:11:18 PM