Page 150 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 150

pihak membentuk konsensus dan konsekuensi dalam mengurangi
         120
                 biaya monitoring dan pelaksanaan.
                       Di sisi lain kekurangan dari VA yaitu yang berhubungan
                 dengan masalah “free riding”. Situasi ini terjadi apabila perjanjian
                 melibatkan asosiasi industri. Dalam hal ini beberapa perusahaan
                 mungkin mendapatkan keuntungan dari  “free  riding” karena
                 ada usaha perusahaan lain dalam mencapai target yang telah
                 ditentukan pada tingkat sub-sektor yang telah ditentukan. Pihak
                 yang melakukan  free riding akan menikmati reputasinya melalui
                 program-program  yang  disepakati,  sementara  mereka  hanya
                 berkontribusi sangat kecil dalam program tersebut. Risiko lain
                 dari VA adalah bahwa target yang disepakati tidak terlalu tinggi,
                 dan dalam beberapa kasus bahkan lebih kecil dari level BAU
                 (Business-as Usual). Target yang terlalu tinggi dapat berimplikasi
                 kepada perusahaan dan hal ini menyebabkan perusahaan dapat
                 melakukan lobi-lobi kepada pemerintah untuk dapat menentukan
                 level target yang lebih rendah. Untuk mengatasi hal ini, banyak
                 negara  juga  menerapkan  sistem  finalti  agar  perusahaan  tetap
                 berkomitmen dengan perjanjian yang dibuat dan juga melibatkan
                 pihak ketiga dalam melakukan audit energi.




         Pajak Karbon dan Pajak Emisi  untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan






























                                                                                11/3/2023   4:11:13 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   120              11/3/2023   4:11:13 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   120
   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154   155