Page 150 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 150
pihak membentuk konsensus dan konsekuensi dalam mengurangi
120
biaya monitoring dan pelaksanaan.
Di sisi lain kekurangan dari VA yaitu yang berhubungan
dengan masalah “free riding”. Situasi ini terjadi apabila perjanjian
melibatkan asosiasi industri. Dalam hal ini beberapa perusahaan
mungkin mendapatkan keuntungan dari “free riding” karena
ada usaha perusahaan lain dalam mencapai target yang telah
ditentukan pada tingkat sub-sektor yang telah ditentukan. Pihak
yang melakukan free riding akan menikmati reputasinya melalui
program-program yang disepakati, sementara mereka hanya
berkontribusi sangat kecil dalam program tersebut. Risiko lain
dari VA adalah bahwa target yang disepakati tidak terlalu tinggi,
dan dalam beberapa kasus bahkan lebih kecil dari level BAU
(Business-as Usual). Target yang terlalu tinggi dapat berimplikasi
kepada perusahaan dan hal ini menyebabkan perusahaan dapat
melakukan lobi-lobi kepada pemerintah untuk dapat menentukan
level target yang lebih rendah. Untuk mengatasi hal ini, banyak
negara juga menerapkan sistem finalti agar perusahaan tetap
berkomitmen dengan perjanjian yang dibuat dan juga melibatkan
pihak ketiga dalam melakukan audit energi.
Pajak Karbon dan Pajak Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
11/3/2023 4:11:13 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 120 11/3/2023 4:11:13 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 120