Page 28 - Hermeneutika dan Semiotika Dalam Puisi
P. 28

Hermeneutika dan Semiotika dalam Puisi


                           dan dijabarkan lebih  lanjut dalam pasal-pasal
                           yang terdapat dalam UUD 1945  . Nilai nilai yang
                           terkandung  dalam Pancasila  menjadi  nilai-nilai
                           yang mengatur kehidupan politik, hukum, ekonomi,
                           kemasyarakatan, budaya,  dan  seni  yang  diatur
                           dalam pasal-pasal UUD 1945.
                       3.  Budaya
                                Adalah  suatu  kebenaran  bahwa  tidak
                           ada manusia yang  hidup  bermasyarakat yang
                           tidak didasari oleh  nilai-nilai budaya  yang  diakui
                           masyarakat tersebut. Nilai-nilai  budaya  tersebut
                           dijadikan  dasar dalam memberi makna terhadap
                           suatu   konsep   dan   arti  dalam   komunikasi
                           antaranggota  masyarakat tersebut.  Posisi  budaya
                           yang demikian penting dalam kehidupan masyarakat
                           mengharuskan  budaya  menjadi  sumber nilai-nilai
                           dari Pendidikan karakter.
                       4.  Tujuan Pendidikan Nasional
                                Tujuan  pendidikan  nasional mencerminkan
                           kualitas  yang  harus  dimiliki  setiap  warga  negara
                           Indonesia,  dikembangkan  oleh  berbagai  satuan
                           pendidikan  di berbagai jenjang  dan  jalur. Dalam
                           tujuan  pendidikan nasional terdapat berbagai
                           nilai kemanusiaan yang harus dimiliki seorang
                           warga  negara  Indonesia.  Oleh  karena  itu,  tujuan
                           Pendidikan  Nasional  adalah  sumber  yang  paling
                           operasional dalam pengembangan  pendidikan
                           karakter  dibandingkan   ketiga   sumber   yang
                           disebutkan  di  atas (Kemendiknas  2010:  7).  Lebih
                           jelasnya dapat dilihat gambar alur sumber nilai-nilai
                           karakter sebagai berikut.















                                                                         17
   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33