Page 19 - Pendidikan IPS : Konstruktivistik da Transformatif
P. 19

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

                      Pendekatan pengembangan ini digunakan mulai dari kurikulum
            10
                  PIPS 1947 sampai dengan Kurikulum PIPS 1994. Bahkan Kurikulum PIPS
                  Berbasis Kompetensi 2006 pun memaknai kompetensi dalam konteks
                  penguasaan materi/konten keilmuan. Akibatnya, PIPS tidak melahirkan
                  unjuk kerja siswa secara bermakna. Siswa banyak tahu informasi,
                  tetapi tidak bermakna bagi kehidupannya. Menurutnya, pendidikan di
                  Indonesia--mengutip pendapat Freire (2002) mengikuti “banking concept
                  of education”. Artinya, guru hanya mendepositokan banyak informasi
                  yang diturunkan dari berbagai cabang ilmu kepada siswa, tetapi tidak
                  pernah membicarakan untuk apa informasi itu harus dikuasai siswa.
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24