Page 14 - Pendidikan IPS : Konstruktivistik da Transformatif
P. 14

PENDIDIKAN IPS KONSTRUKTIVISTIK DAN TRANSFORMATIF

          dari  social studies  abad 21, menggeser pandangan behaviorisme.   5
          Kecenderungan untuk menerima paradigma konstruktivisme juga
          terlihat di dalam PIPS Berbasis Kompetensi (KBK), baik sebagai salah satu
          prinsip dalam pengembangan kurikulum, maupun dalam pendekatan
          dan prinsip pengelolaan dan pengembangan kegiatan belajar mengajar,
          sekalipun rumusan definisi PIPS yang digunakan masih kental dengan
          orientasi paradigma esensialisme.
              Suyanto  (2003)  juga  memberikan  dukungan  atas  signifikansi
          paradigma konstruktivisme dalam konteks pemberlakuan KBK, karena
          dipandang lebih mampu memberikan pengalaman bermakna kepada
          siswa selama  proses  belajar  mereka, dan  bisa  melahirkan  unjuk kerja
          siswa secara bermakna pula.
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19