Page 172 - Membumikan Ide dan Gagasan Soekarno-Hatta
P. 172

Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB)  Membumikan Ide dan Gagasan Soekarno-Hatta



 154            Visi Pedagogis Presiden Sukarno:                                              155

                Pendidikan Memartabatkan, Pendidikan

                Memerdekakan



                                   Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum.
                                  Rektor Universitas Negeri Semarang




               1.    Pendahuluan

                     Tidak  ada  yang  meragukan  kiprah  dan  peran  Ir Sukarno dalam  perjuangan
               kemerdekaan Indonesia. Ia dikenal bukan saja sebagai tokoh pergerakan yang tekun dan
               penuh semangat mengorganisasi massa, namun juga pemikir yang visi intelektualnya
               sangat cemerlang. Pemikiran politik, hukum, dan kebudayaannya menjadi fondasi bagi
               lahirnya sebuah bangsa merdeka: Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kapasitas
               intelektual dan kerja-kerja diplomasinya diakui dunia.
                     Selain melalui pemikiran politiknya, Ir Sukarno juga berkontribusi besar dalam
               perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan melahirkan pemikiran di bidang pendidikan.
               Sebagaimana  kelompok terpelajar  masa itu, Ir Sukarno memiliki  kesadaran bahwa
               pendidikan  adalah  elan  vital  bagi  perjuangan  kemerdekaan.  Dalam  konteks  itulah
               mendidik  dan mencerdaskan  bangsa adalah  paket  tak  tepisahkan  dalam  perjuangan
               kemerdekaan Indonesia. Bagi bangsa yang cerdas dan berpengetahuan luas kemerdekaan
               bukan saja berharga melainkan merupakan “hak bagi segala bangsa”.
                     Dalam makalah pendek ini akan ditpaparkan visi pedagogis Presiden Sukarno.
               Sebagai salah satu pendiri republik, ia merupakan  peletak  konsep-konsep dasar
               pendidikan Tanah Air. Sebagai presiden pertama ia melahirkan aneka kebijakan yang
               menentukan arah kebijakan pendidikan hingga kini. Untuk mengulas visi pedagogis
               Sang Proklamator tersebut, paparan ini akan dirinci ke dalam tiga bagian yang masing-
               masing  membicarakan  profil  Presiden  Sukarno  sebagai  pendidik,  politik-pendidikan
               dalam pandangan Presiden Sukarno, dan kebijakan pendidikan pada masa pemerintahan
               Presiden Sukarno 1945-1967.


               2.    Sukarno sebagai Pendidik

                     Meski pendidikan  formalnya  pada  bidang  teknik,  pendidikan  adalah  salah
               satu panggilan hati Sukarno sejak “Putra Sang Fajar” masih muda. Fakta ini bisa
               ditelusuri  secara bagaimana  keluarga menginspirasinya  dan bagaimana  lingkungan
               pergaulannya juga membentuk pandangannya. Panggilan terhadap pendidikan pada diri
               Bung Karno dapat ditelusuri karena ia lahir dari keluarga pendidik. Ayahnya, Raden
   167   168   169   170   171   172   173   174   175   176   177