Page 65 - 38 Tahun Universitas Terbuka: Bangkit dan Maju Bersama dalam Tatanan Baru UT PTN BH
P. 65
TATANAN BARU
UNIVERSITAS TERBUKA PTN BH
5. Bidang kerja sama dilakukan oleh dua unit, Desain struktur organisasi UT dalam tatanan 61
yaitu Biro Keuangan, Umum, dan Kerja Sama baru PTN BH berikut dikembangkan dengan
(BKUK) dan Pusat Pengembangan Hubungan pertimbangan perencanaan pengembangan UT
Internasional dan Kerja Sama (PPHIK). ke depan.
6. Warek Bidang Pengembangan Institusi dan 1. Jumlah mahasiswa UT tahun 2025 ditargetkan
Kerja Sama (warek IV) memiliki deskripsi 500.000 mahasiswa.
tugas pengembangan institusi, tetapi tidak 2. UT perlu mengembangkan program-
ada unit yang memiliki tugas pokok dan fungsi program akademik dan nonakademik
pengembangan institusi. untuk meningkatkan dan mendiversifikasi
7. Secara umum, struktur organisasi UT pendapatan UT.
belum sepenuhnya mencerminkan struktur 3. Perubahan lingkungan eksternal yang cepat
organisasi PTJJ. Di samping karena beberapa memerlukan unit yang menangani isu-isu
hal di atas, juga karena unit-unit yang berfungsi strategis UT.
sebagai support system pembelajaran tidak 4. Kebijakan UT untuk mengembangkan digital
dapat berfungsi optimal dalam koordinasi learning ecosystem memerlukan dukungan
dengan unit-unit utama perguruan tinggi, unit yang menangani IT yang memiliki
yaitu fakultas. Deskripsi tugas kurang tegas kewenangan lebih besar.
menunjukkan unit-unit yang berfungsi 5. Kompleksitas UT yang tinggi akan
sebagai unit utama dan unit pendukung. meningkatkan risiko atas UT.
8. UT kurang mampu bergerak cepat melakukan 6. Terdapat tuntutan dari stakeholders terhadap
perubahan organisasi saat terdapat perubahan peningkatan akuntabilitas lembaga publik.
pada lingkungan strategis eksternal karena 7. Semakin banyak perguruan tinggi yang
adanya hambatan dari aspek legal-formal. menyelenggarakan PTJJ akan meningkatkan
Oleh karena itu, UT sering kehilangan iklim kompetisi. UT memerlukan peningkatan
momentum melakukan perubahan sehingga kemampuan kompetisi melalui peningkatan
kualitas layanan yang dihasilkan kurang inovasi dalam bidang akademik dan
optimal dan berbiaya tinggi. nonakademik.