Page 159 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 159

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas Terbuka



                                 Menurut  Picciano  (2002),  penggunaan  TIK  dalam  administrasi  pendidikan
                                 dapat dibagi  menjadi  tiga  jenis,  yaitu  pengelolaan  basis  data,  lembar kerja
                                 elektronik dan  otomasi  perkantoran.  Sedangkan  menurut Bockholdt (1999),
                                TIK  dapat  digunakan  untuk  pengelolaan  keuangan,  mencatat,  mengolah
                                dan  melaporkan  informasi  keuangan  Penggunaan  TIK  dapat  mempercepat
                                aktivitas  ini,  selain  dapat  meningkatkan  ketelitian  proses,  mengingat
                                penggunaan  komputer  dapat  mengurangi  kesalahan  akibat  kelelahan
                                manusia.

                                Penggunaan  TIK  untuk  pengelolaan  basis  data  di  UT dilakukan  dengan  e-
                                administration.  Dengan  aplikasi  ini,  berbagai  data  ditampilkan  secara
                                online.  Pihak  yang  memerlukan  data  dapat  memperoleh  data  yang
                                diperlukan dengan  relatif mudah dan cepat.

                                1.  Evaluasi penggunaan sistem informasi.
                                    Penggunaan  system  informasi,  khususnya  software  yang  digunakan
                                    harus  didasarkan  pada  penilaian  yang  tepat  mengenai  kegunaannya.
                                    Software  yang  digunakan  harus  benar-benar  sesuai  dengan  kebutuhan
                                    pengguna.  Picciano (2002,  p 221)  menyebutkan sejumlah  kriteria bagi
                                    evaluasi  software  komputer.  Kriteria  tersebut  adalah  efisiensi,
                                    kemudahan  penggunaan,  dokumentasi,  kebutuhan  hardware,  vendor
                                    dan biaya.

                                    Sedangkan  dalam  aktivitas  akademik,  penggunaan  TIK  diterapkan
                                    dalam  aktivitas  pembelajaran  online.  E-/earning  diartikan  sebagai
                                    proses  pendidikan  yang   menggunakan  teknologi  komunikasi  dan
                                    informasi  untuk  melakukan  kegiatan  belajar  mengajar,  baik  secara
                                   synchronous  maupun  asynchronous  (Naidu,  2006).  Sedangkan
                                    menurut  ADB  (2004),  e-learning  diartikan  sebagai  penyampaian
                                   program    pendidikan,   pelatihan   dan   pembelajaran   dengan
                                   menggunakan peralatan elektronik.
                                   Faktor  yang  mendorong  penggunaan  TIK  dalam  proses  belajar
                                   mengajar  adalah  jumlah  pengguna  layanan,  letak  geografis,  dan
                                   kesenjangan  kualitas  pendidikan.  Pengguna   layanan  UT  adalah
                                   mahasiswa  yang  jumlahnya  pada  akhir  tahun  2008  mencapai  tidak
                                   kurang dari  500.000 orang.  Letak geografis negara kita yang terdiri atas
                                   kepulauan,  dengan  jarak yang berjauhan  memerlukan adanya jaringan
                                   komunikasi  yang  memudahkan  hubungan  antara  mahasiswa  dan
                                   dosen.  Sedangkan  kesenjangan  kual itas  pendidikan  terutama  berupa




                                150
   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163   164