Page 157 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 157
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
mitra kerja dan masyarakat luas pada umumnya. Dalam penyusunan
Rencana Strategis dan Rencana Operasional UT, konsep TQM dan GCG
akan menjadi acuan utama (Sembiring, 2009)
Di UT, salah satu topik dalam penerapan GCG adalah melalui sistem
jaminan kualitas. Jaminan kualitas sangatlah berguna bagi UT, mengingat
jaminan kualitas merupakan faktor penting dalam mendapatkan
kepercayaan dari stakeholder. Stakeholders dalam pendidikan tinggi jarak
jauh, khususnya peserta didik, semakin menekankan pentingnya jaminan
kualitas. Mereka mengharapkan adanya proses belajar mengajar yang baik,
yang salah satunya ditandai dengan tingginya kualitas layanan bantuan
belajar bagi mahasiswa. Bagi Universitas Terbuka yang menggunakan
sistem belajar jarak jauh, adanya layanan bantuan belajar sangat penting
bagi mahasiswanya, karena tidak setiap saat mahasiswa bertemu dosennya.
Akan tetapi kualitas proses lebih sulit untuk dinilai oleh stakeholder
eksternal, dibanding kualitas produk. Kualitas proses inilah yang menjadi
fokus dalam upaya jaminan kualitas di Universitas Terbuka (Suparman,
2008).
Mengingat pentingnya jaminan kualitas bagi UT, pimpinan UT perlu
mendorong peruahan organisasi. Nantinya perubahan itu akan
mengarahkan agar seluruh staf memusatkan waktu, energi dan prioritasnya
dalam mencapai visi dan misi organisasi.
Hal ini memerlukan adanya
komunikasi yang efektif antara pimpinan dan stafnya, agar jaminan kualitas
dapat menjadi budaya organisasi.
Penerapan GCG dan TQM harus didasarkan pada ciri khas UT. Universitas
Terbuka memiliki ciri adanya penggunaan media yang sangat penting
dalam membantu proses belajar mengajar. Hal ini dikarenakan dosen dan
mahasiswa tidak dapat bertemu muka secara rutin. Terlebih lagi mengingat
jumlah mahasiswa UT dan kondisi geografis negara kita, komunikasi antara
dosen dan mahasiswa sangat ditunjang oleh peranan teknologi, terutama
teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Penerapan TIK dalam bidang kegiatan pendidikan tinggi dibahas oleh
Nikolov (2008) sebagai konsep e-university. Dijelaskan bahwa definisi e-
university adalah integrasi antara universitas riset dengan entrepreneurial
university yang memadukan TIK di dalam kegiatannya. Suatu universitas
memiliki tiga kegiatan pokok, yaitu pendidikan, penelitian dan inovasi.
148