Page 158 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 158

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas Terbuka


                            Penerapan  TIK  dalam  pendidikan,  khususnya  pendidikan  tinggi  sangat
                            penting.  TIK  merupakan  bagian  penting  dari  masyarakat  informasi.
                            Sedangkan  pendidikan  merupakan  unsur kunci  dari ekonomi  yang berbasis
                            pengetahuan dan didorong oleh inovasi  (Nikolov, 2008).
                            Selain  dalam  menunjang  proses  belajar  mengajar,  TIK  juga  digunakan
                            secara  tidak  langsung  di  UT dalam  bidang  administrasi  akademik  maupun
                            administrasi   umum.  Penggunaan   TIK  di   bidang  administrasi   ini
                            dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas.
                            Penggunaan  TIK  memudahkan  pertukaran  informasi  antara  pihak  internal
                            suatu  organisasi  dengan  pihak  luar  (Matei  &  lancu,  2001 ).  Transparansi
                            akan  lebih  mudah tercapai,  berkat penggunaan TIK.  Dalam hal  GCG, Matei
                            &  lancu  (2001)  menyebutkan  adanya  tiga  tahap  dalam  penerapan  TIK.
                            Ketiga tahap itu adalah:
                             1.  komputerisasi  yang  dilakukan  untuk  meningkatkan  operasional  di
                                tingkat lokal dan  nasional
                             2.  Penggabungan jaringan TIK antara tingkat lokal dan  internasional.
                             3.  penyediaan  akses  TIK  bagi  stakeholder  di  tingkat  lokal  maupun
                                nasional
                             Pada  pencapaian  tahap  ketiga,  suatu  organisasi  dapat  meningkatkan
                             otonomi  bagi  unit di tingkat lokal, dengan  diimbangi oleh  komitmen  untuk
                             bertindak  sebagai  bagian  dari  keseluruhan.  organisasi.  Bagi  stakeholders,
                             adanya  layanan  TIK  itu  memungkinkan  mereka  untuk  mencari  layanan
                             berdasarkan  keperluannya,  tanpa  terhambat  oleh  pembagian  wewenang
                             antar unit dalam organisasi.


                             C.  TIK di  UT
                             Penggunaan  TIK  di  UT  dapat  dibagi  menjadi  dua  bagian  besar.  Bagian
                             pertama  adalah  untuk  secara  langsung  membantu  proses  pembelajaran,
                             atau  yang  sering  disebut  sebagai  e-learning.  Bagian  kedua,  TIK   juga
                             membantu  proses  pengambilan  keputusan  yang  berlangsung  di  tubuh
                             organisasi, hal  ini sering disebut sebagai  sistem  informasi  manajemen (SIM).
                             Adapun  mengingat  UT  merupakan  lembaga  pendidikan  tinggi,  maka  salah
                             satu  bagian dari penggunaan TIK dalam sistem  informasi manajemen adalah
                             peranannya dalam administrasi akademik (Picciano,2002).






                                                                                           149
   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163