Page 163 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 163
lmplementasi Coad Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Semua unsur pelaksanaan TIK itu diwujudkan dalam kegiatan utama UT,
yaitu untuk pembelajaran, dan untuk layanan administrasi. Program tutorial
online, LM online dan sistem ujian online (SUO) merupakan contoh
penggunaan TIK untuk pembelajaran. Sedangkan penggunaan TIK dalam
administrasi di antaranya berupa registrasi online.
Salah satu penggunaan TIK untuk pembelajaran, yaitu layanan bantuan
belajar, sangat penting bagi mahasiswa. Layanan bantuan belajar bagi
mahasiswa, terutama yang berbasis TIK, sangat penting bagi UT, mengingat
mahasiswa UT tidak dapat selalu bertatap muka dengan staf akademik
maupun administrasi. Penggunaan TIK sangat diperlukan bagi peningkatan
layanan bantuan belajar. Selain berguna dalam meningkatkan variasi dan
intensitas layanan, penggunaan TIK dapat mendorong mahasiswa untuk
mencari sendiri informasi yang menunjang pemahaman terhadap materi
yang ada di bahan ajar.
Adanya TIK yang membantu mahasiswa mendapatkan berbagai macam
informasi, menuntut mahasiswa untuk memahami pentingnya kemampuan
untuk memilih dan mengolah informasi yang ada (Miarso, 2008). lnformasi
yang tersedia di internet sangat banyak. Karena sedemikian banyaknya
informasi di internet, perlu kemampuan untuk memilih informasi yang
relevan, dari sekian banyak informasi yang ada. Dan yang tidak kalah
pentingnya, mahasiswa harus mampu mengolah informasi itu menjadi
suatu kesimpulan yang logis.
Dengan adanya kemampuan dalam menggunakan informasi secara kritis,
maka mahasiswa UT mendapat suatu bekal yang berguna dalam bidang
pekerjaannya. Mereka dapat mengaplikasikan kemampuan itu dalam
membuat keputusan berdasarkan sumber informasi yang luas. Mereka juga
mampu membuat keputusan itu dengan alasan yang kuat dan dapat
dipertanggungjawabkan kepada pihak yang berkepentingan. Kemampuan
seperti ini sangat berguna, baik untuk mendapatkan pekerjaan, maupun
untuk meningkatkan kariernya dalam pekerjaannya saat ini.
TIK juga mendorong dan memudahkan paradigma
life long learning
(Nikolov, 2008). Mengingat bahwa perubahan selalu terjadi dan
berlangsung dalam tahapan yang relatif cepat, banyak orang yang perlu
menambah keahlian dalam bidang yang baru, untuk memungkinkannya
terus berkarya. Keadaan ini sesuai dengan misi UT yang bermaksud
memberikan pendidikan bagi mereka yang sudah bekerja, namun masih
154