Page 156 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 156
/mp/ementasi Coad Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Menurut Sallis (2002), terdapat tiga tahapan dalam pengertian kualitas.
Ketiga tingkatan tersebut bila diurutkan dari tingkatan terendah hingga
tertinggi adalah, pengendalian kualitas, jaminan kualitas, dan TQM.
Pengendalian kualitas diartikan sebagai deteksi dan eliminasi atas
komponen atau produk akhir yang tidak sesuai standar tertentu. Aktivitas
ini dilakukan setelah selesainya suatu proses produksi atau pelayanan jasa,
guna mendeteksi komponen atau tahapan yang tidak memenuhi syarat.
Metode yang digunakan untuk melakukan pengendalian kualitas adalah
dengan inspeksi dan pengujian. Dalam dunia pendidikan, metode ini
digunakan secara luas untuk mengevaluasi sejauh mana kegiatan belajar
mengajar telah memenuhi standar kualitas.
Jaminan kualitas berarti proses yang terjadi sebelum dan selama proses
berlangsung untuk mencegah terjadinya kesalahan sesegera mungkin.
Untuk itu, pengendalian kualitas menekankan pada rancangan kualitas
dalam proses, untuk memastikan bahwa produk tersebut dihasilkan sesuai
spesifikasi yang telah ditentukan. Berbeda dengan pengendalian kualitas
yang lebih menekankan pada pemeriksaan terhadap hasil akhir suatu
produk (Sallis, 2000).
Sedangkan TQM diartikan sebagai budaya untuk memberikan penghargaan
kepada konsumen. Penghargaan yang dimaksud adalah mengupayakan
agar konsumen mendapatkan apa yang diperlukan, kapan mereka
memerlukannya dan bagaimana mereka menginginkannya. Mengingat
keinginan konsumen selalu bersifat dinamis, maka TQM juga berhubungan
dengan perubahan keinginan konsumen dari waktu ke waktu. lni yang
menyebabkan TQM juga berkaitan dengan perubahan desain barang dan
jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen (Sallis, 2000).
Kaitan antara TQM dan GCG adalah bahwa kedua konsep ini bermaksud
agar suatu organisasi dapat melakukan aktivitasnya dengan baik, sehingga
konsumen mendapatkan layanan yang sebaik-baiknya. Secara tidak
langsung perbaikan tingkat layanan bagi konsumen akan meningkatkan
keuntungan organisasi tersebut.
Dalam suatu lembaga pendidikan, seperti Universitas Terbuka, penerapan
TQM dan GCG dimaksudkan agar mahasiswa dan pengguna lulusan
mendapatkan layanan yang terbaik. Selain agar mahasiswa terus belajar di
Universitas Terbuka yang mereka rasakan kepuasannya, kedua konsep itu
juga merupakan upaya agar UT mendapat kepercayaan dari pemerintah,
147