Page 143 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 143

lmp/ementasi Good Governance dan  TQM di Universitas Terbuka




                                itu,  ditetapkannya  Pedoman  Sistem  Jaminan  Kualitas  sebagai  salah  satu
                                kontrol  terhadap  tahapan  sistem  operasional  telah  memberikan  pegangan
                                dan  petunjuk  kerja  yang  prima  sehingga  standar  dan  prosedur  kerja  yang
                                dilakukan selalu berada ketentuan  yang telah disepakati bersama.  Hal  inilah
                                yang  merupakan  aset  besar  bagi  UT  dalam  turut  menciptakan  good
                                governance,  suatu  tata  kelola  yang  demokratis,  tata  asas,  akuntabel,  adil,
                                transparan, dan profesional.
                                Dalam  Statuta  (OTK)  UT tahun  2007,  dijelaskan  bahwa dalam  satuan  kerja
                                UT,  unit  yang  bertanggung  jawab  terhadap  layanan  operasional  adalah
                                Pembantu  Rektor  Ill.  Kantor  PR  Ill  bertugas  membantu  Rektor  UT  dalam
                                memastikan  layanan  operasional,  yakni  layanan  registrasi  dan  pengujian,
                                layanan  bantuan  belajar,  dan  layanan  pendistribusian  bahan  ajar  berjalan
                                sesuai  dengan  ketentuan.


                                B.  Layanan  Registrasi dan  Pengujian

                                1.  Registrasi
                                   Dalam  hal  layanan  registrasi, terjadinya peningkatan jumlah mahasiswa
                                   kurun  waktu  tujuh tahun  terakhir ini  sebagaimana telah  kami  paparkan
                                   dalam   subbab   sebelumnya,   merupakan   tantangan   tersendiri.

                                   Peningkatan  angka  partisipasi  mahasiswa  harus  tetap  diiringi  dengan
                                   kecermatan  dan  keakuratan  data yang  menjadi  tanggung jawab Bagian
                                   Registrasi.  Agar  kecermatan  dan  keakuratan  data  tetap  terjaga,  tentu
                                   saja  diperlukan  persepsi  yang  sama  di  antara  unit-unit  yang  terkait,
                                   khususnya di  UPBJJ-UT.  Kecermatan  dan  keakuratan  ini  sejalan  dengan
                                   salah  satu  prinsip  good  governance,  yakni  akuntabel.  Artinya,
                                   keberhasilan  suatu  kegiatan/tindakan  tidak  hanya  ditentukan  oleh
                                   kesesuaiannya  terhadap  aturan  tetapi  juga  harus  dapat  diterima  oleh
                                   seluruh  komponen  yang  terlibat.  lni  berarti  bahwa  di  dalam
                                   pekerjaan/tindakan tersebut terdapat nilai dan  norma yang harus ditaati.
                                   Ukurannya  tidak  hanya  ukuran  produk,  tetapi  juga  bagaimana  proses
                                   mencapainya.

                                   Salah  satu  hal  mendasar  yang  harus  dipahami  semua  personal  yang
                                   bertanggung  jawab  terhadap  sistem  ini  adalah  ketepatan  batas
                                   registrasi.  Kita  semua  memahami  bahwa sebagian  mahasiswa  UT,  atau
                                   sebagian  masyarakat  Indonesia,  memiliki  kebiasaan  yang  kurang  baik




                               134
   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148