Page 142 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 142

B                 Program  Good Gavernance


                            A                   dalam  Sistem  Operasional
                                                           Universitas Terbuka
                            B



                                                                        0  TEGUH  PRAKOSO
                            9



                                     A.  Pendahuluan
                                     Sejak  berdiri  pada  tahun  1984 - sekarang  (2009),  bentuk sistem
                                     operasional  yang  digunakan  di  Universitas  Terbuka  (UT)  telah
                                     mengalami  berbagai  perbaikan  dan  penyempurnaan  guna
                                      mengikuti  perkembangan  sistem  manajemen  dan  pengelolaan
                                      kegiatan  yang  berkembang  sangat  dinamis.  Kedinamisan  ini
                                      merupakan  hal  yang harus selalu dilakukan mengingat meskipun
                                      telah  didirikan  lebih  dari  20 tahun  yang  lalu,  masyarakat  awam
                                      tampaknya  belum  mengenal  sistem  belajar  jarak  jauh  (SBJJ)
                                      dengan  benar  (Renstra  UT).  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  SBJJ
                                      belum  menjadi  konsep  yang  dipahami  masyarakat.  Oleh  karena
                                      itu,  diperlukan  upaya  untuk  lebih  menyosialisasikan  sistem
                                      belajar  yang  tentu  saja  merupakan  tantangan  bagi  UT,  misalnya
                                      dengan  memaksimalkan  sistem  pelayanan  yang  diberikan  dalam
                                      bidang  operasional  yang  meliputi  layanan  registrasi  dan  ujian,
                                      layanan bantuan belajar, dan  layanan bahan ajar.
                                      Perbaikan  yang  ada  tentu  saja  diharapkan  bermuara  pada
                                      peningkatan  mutu  layanan  yang  diberikan  UT  kepada  para
                                      mahasiswa    dengan    selalu   memperhatikan     kualitas
                                      penanganannya,   baik   yang   bersifat   akademik   maupun
                                      administratif.  Berbagai  layanan  yang  diberikan  senantiasa
                                      dibarengi  dengan  piranti-piranti  yang  saling  bersinergi,  misalnya
                                      kebijakan  pengalihan  pengelolaan  tutorial  online  (tuton)  yang
                                      diberlakukan  UT  Pusat  mulai  masa  registrasi  2008.2  juga
                                      dibarengi  dengan  bekal  pelatihan  yang  diberikan  kepada  para
                                      dosen  di  Unit Program  Belajar Jarak  jauh-UT  (UPBJJ-UT).  Selain




                                                                                           133
   137   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147