Page 35 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 35

19

                                        Unggulpadatanggal20Pebruari2014diDenpasar,
                                                                                 menyatakanbahwa
                                   ya
                                   kearifanlokal
                                   nilaibudayasetempatbanyakyangbisamenjadiinspirasidanprinsipdalambirokr
                                   asi
                                                                                     pemerintahan.
                                   Reformasibirokrasiyangdiarahkanuntukmenciptakanbirokrasiyang
                                          n
                                         e
                                                         a
                                                        d

                                    o
                                                                                               n
                                     m
                                        t
                                      p
                                                          n
                                                                               i
                                                                              n
                                                                             a
                                                                                             y

                                                                                ,
                                                                          e
                                                                        m

                                                                            y
                                                                           a
                                                                           l
                                                                                                g
                                   k
                                                                                              a
                                   mencakupduahalyaitureformasistrukturdanreformasibudaya.Olehkarenaitu,
                                   nilai  budaya  dapat  menjadi  dasarkepentingan  politik  bersama  sehingga
                                   mampu  mendongkrak  budaya  dalam  birokrasi.  Penerapan  kerifan  lokal
                                   dalam  reformasi  birokrasi  khususnya  dalampelayanan  publik  seharusnya
                                   dapat  e  Bagian I: Politik, Kebijakan Publik danKetimpangan Digital  bersih,
                                                                                         dilakukan
                                   secaraoptimaldibeberapadaerahsepertiBali,JawaTimur,SumateraBarat,Sulaw
                                   esi Selatan, dan lain‐lain yang memiliki budaya dan kearifan lokalyang masih
                                   terjaga.

                                   Metode Penelitian
                                      Penelitian ini dirancang bangun dengan pendekatan kualitaif kritis yaitu
                                   penelitian  yang  sasarannya  tidak  saja  menggali  makna  etik  tetapi  juga
                                   menciptakan  makna  etik.  Penelitian  ini  menyoroti  berbagai  masalah  yang
                                   terkait  dengan  perilaku,  interaksi  dan  peranan  pejabat  negara  dengan
                                   masyarakat dalam melakukan pelayanan publik. Dengan Lokasi Penelitian di
                                   Pemerintah  Provinsi  Bali,  Kabupaten  Badung,  Kabupaten  Gianyar,
                                   Kabupaten  Buleleng,  dan  Kota  Denpasar.  Untuk  mendapatkan  data  yang
                                   diperlukan,  subyek  penelitian  adalah  pelaku  pelayanan  punlik  di
                                   pemerintahan, prajuru Desa Pakraman, dan masyarakat sebagai pengguna
                                   pelayan  publik.  Adapun  teknik  pengumpulan  data.  Dalam  penelitian  ini
                                   teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam,
                                   informan dipilih secara purposive (2) kuisener terbuka terhadap masyarakat
                                   pengguna  pelayanan  publik,  (3)  Observasi  terhadap  perilaku  pemerintah
                                   dalam  melakukan  pelayanan  publik,  (4)  Studi  dokumentasi.  Sebelum
                                   dilakukan wawancara maka terlebih dahulu disiapkan pedoman wawancara
                                   (interview guide).  Selanjutnya data dianalisis memakai teknik analisis data
                                   secara kualitatif diserti dengan pola berfikir dekonstruktif semiotika.

                                   PEMBAHASAN
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40