Page 238 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 238
222
Bagian III : Etika dan Hukum
sosial, seperti bagaimana beretika. Hasil penelitian ini dapat memberi
masukan dalam pengembangan pembelajaran yang tidak hanya berorientasi
pada peningkatan penguasaan pengetahuan umum, tetapi juga bermuatan
etika. Perlunya penataan struktur kurukulum IPS SMP yang memuat durasi
waktu yang tidak hanya mengacu pada tuntutan capaian kurikulum, tetapi
juga tantangan kebutuhan pengetahuan dan keterampilan beretika dalam
menghadapi globalisasi informasi.
Referensi
tidak hanya berorientasi pada capai pengetahuan tetapi juga keterampilan
Aryani, I. (2006). Pendidikan Nilai dan Moral. Purwakarta : Karya Swadaya
Mandiri
Fernanda, D. (2009). Etika. Jakarta : LAN
Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS. Bandung : Alfabeta
Irmin, S & Rochim, A. (2004). Etika. Jakarta : Batavia Press
Nucci, L., P & Narvaez, D. (2016). Handbook Pendidikan Moral dan Karakter.
Bandung : Nusa Media
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun
2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendikbud No. 67 Tahun 2013 Tentang KD dan Struktur Kurikulum SD‐
MI
Somantri, M.N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung :
Rosda
Somantri, M. N., dkk. (2010). Inovasi Pembelajaran IPS. Bandung : Rizqi
Press
Sumartana. (1999). Etik Global. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Suseno (1996). Etika Politik. Jakarta : Gramedia
Suseno. (1996). Etika Sosial. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama