Page 237 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 237

221
                                                                    Bagian III : Etika dan Hukum

                                   dengan keteladanan guru sebagai contohnya. Tujuan kurikulum hendaknya
                                   tidak hanya berorientasi pada capai pengetahuan tetapi juga keterampilan
                                   sosial, seperti bagaimana beretika.



                                   Penutup
                                      Muatan  kurikulum  IPS  SMP  mengkaji  seperangkat  peristiwa,  fakta,
                                   konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial yang mencakup
                                   materi  Geografi,  Sejarah,  Sosiologi,  dan  Ekonomi.  Melalui  mata  pelajaran
                                   IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia
                                   yang  demokratis,  beretika,  dan  bertanggung  jawab,  serta  menjadi  warga
                                   dunia yang cinta damai. Muatan etika dalam kurikulum IPS SMP mencakup
                                   kejujuran,  disiplin,  tanggung  jawab,  peduli  (toleransi,  gotong  royong),
                                   santun, dan percaya diri. Kaitannya dengan globalisasi informasi diperlukan
                                   etika sosial untuk mengawal transformasi sosial agar sesuai dengan karakter
                                   dan  jati  diri  bangsa  dengan  sikap  kritis  terhadap  pandangan‐pandangan
                                   dunia  dan  ideologi‐ideologi  dan  tanggung  jawab  terhadap  perubahan
                                   lingkungan.  Berdasarkan  analisis,  sikap  kritis  tersebut  termuat pada
                                   kompetensi  inti  dan  kompetensi  dasar  struktur  kurikulum  IPS  SMP  dalam
                                   bentuk  kepedulian  (toleransi,  gotong  royang)  terhadap  permasalah  sosial.
                                   Rasa  tanggung  jawab  menghadapi  transformasi  sosial  menuju  masyarakat
                                   informasi  yang  beretika  dan  demokratis  ditunjukkan  oleh  kompetensi  inti
                                   dan kompetensi  dasar  dalam  mengembangkan pola hidup  sehat,  menjaga
                                   kelestarian  lingkungan  fisik,  budaya,  dan  peninggalan  berharga  dalam
                                   masyarakat. Kejujuran menjadi modal dasar etika bagi peserta didik dalam
                                   kebebasan  memilih  berbagai  informasi  yang  sesuai  dengan  martabat  dan
                                   moral bangsa.
                                      Menyikapi  perubahan  jaman  akibat  pengaruh  globalisasi  informasi
                                   menuntut  keberanian  sikap  mempertahankan  apa  yang  diyakini  sebagai
                                   kewajiban  dan  tanggung  jawab  sebagai  ciri  watak  moral  yang  kuat.  Oleh
                                   karena itu, perlu pembinaan atau pembelajaran etika yang bermakna bagi
                                   peserta  didik.  Pembelajaran  tersebut  akan  efektif  bila  dikaitkan  dengan
                                   kehidupan nyata siswa. Praktik beretika harus ditumbuhkan dengan latihan
                                   dengan keteladanan guru sebagai contohnya. Tujuan kurikulum hendaknya
   232   233   234   235   236   237   238   239   240   241   242