Page 206 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 206

190
                                                             Bagian III : Etika dan Hukum

                           ada  keenam  komponen  tersebut,  kita  padu  padankan  dengan  apa  yang
                           diungkapkan Osgood dan Schramm.
                               1.  Lingkungan  instruksional,  adalah  tempat  diman  komunikasi
                                   berlangsung.  Pada  teori  komunikasi  kita  kenal  dengan  apa  yang
                                   disebut  konteks,  komunikasi  tidak  pernah  terlepas  dari  konteks
                                   dimana komunikasi itu terjadi. Demikian halnya dengan lingkungan
                                   instruksional, lingkungan atau suasana belajar harus ditumbuhkan
                                   atau  diciptakan  agar  peserta  didik  nyaman  dalam  proses  belajar
                                   mengajarnya.
                               2.  Peserta  didik, dalam  proses komunikasi  selalu  ada yang namanya
                                   penerima  atau  komunikan,  nah  peserta  didik  inilah  yang  disebut
                                   sebagai  komunikan.  Kalau  dikatakan  bahwa  komunikasi  adalah
                                   proses  transaksional,  maka  ada  transaksi  antara  guru  dan  murid,
                                   antara komunikator dan komunikannya.
                               3.  Guru, fasilitator, tutor, adalah sumber yang menyampaikan pesan
                                   dalam  hal  ini  sebagai  komunikator.  Harus  ada  persamaan
                                   interpretasi  dalam  mewujudkan  komunikasi  instruksinal  yang
                                   efektif
                               4.  Perilaku  verbal  dan  non  verbal.  Dua  hal yang  mirip  namun  dapat
                                   memberikan  makna  yang  sangat  berbeda.  Dalam  proses
                                   komunikasi verbal adalah kata‐kata atau tulisan yang diungkapkan
                                   melalui  sebuah  pesan.  Sedangkan  non  verbal  ada  semua  kondisi,
                                   gerakan  atau  bahkan  suara  yang  menyertai  proses  pengiriman
                                   pesannya.  Kondisi  non  verbal  harus  dapat  dipahami  oleh  mereka
                                   yang terlibat dalam proses interaksi.
                               5.  Persepsi,  pada  proses  komunikasi  instruksional  dikatakan  bahwa
                                   persepsi terhadap seorang komunikator dalam hal ini guru sangat
                                   menentukan  efektif  tidaknya  proses  komunikasi,  dalam  hal  ini
                                   dimaknai  bahwa  seorang  komunikator  harus  memiliki  kredibilitas
                                   yang tinggi, sehingga dipercaya oleh peseta didiknya.
                               6.  Hasil atau outcome, adalah apa yang diharapkan dari proses belajar
                                   mengajar,  bisa  kognitif  atau  pengetahuan,  afektif  hal  yang
                                   berkaitan  dengan  sikap,  rasa  serta  motoric  yaitu  perilaku.  Hal  ini
                                   dianalisis  sesuai  dengan  tujuan  dari  pembelajaran  yang  sudah
                                   ditetapkan sebelumnya.
   201   202   203   204   205   206   207   208   209   210   211